• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Ratusan Kader di Pasuruan Siap Ikut PKD dan Diklatsar

Ratusan Kader di Pasuruan Siap Ikut PKD dan Diklatsar
Ratusan Kader di Pasuruan Siap Ikut PKD dan Diklatsar. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)
Ratusan Kader di Pasuruan Siap Ikut PKD dan Diklatsar. (Foto: NOJ/ Diana Putri Maulida)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan menggelar screening dan pemaparan teknis Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke-I serta Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) ke-I. Kegiatan dipusatkan di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan, Ahad (23/01/2022).

 

Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kota Pasuruan, Ahmad Mudhofir Tri Wahyudi mengatakan, kegiatan tersebut guna mempersiapkan para kader dalam mengikuti PKD dan Diklatsar pada Kamis-Sabtu (28-30/01/2022) mendatang.

 

“Sebelumnya, peserta diminta melengkapi sejumlah persyaratan administrasi, meliputi formulir pendaftaran dan surat rekomendasi dari pimpinan masing-masing utusan,” ujarnya.

 

Mudhofir menjelaskan, bahwa kegiatan screening juga berisikan beberapa tahapan tes. Yaitu, tes tulis, tes praktik membaca Al-Qur'an, praktik amaliyah Aswaja an-Nahdliyah, dan lain sebagainya.

 

"Peserta dites do'a qunut dan amaliyah harian satu persatu. Mereka juga ditanya seputar GP Ansor dan Banser, termasuk mars Ansor dan Banser. Hal ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masing-masing terkait Ansor dan Banser," terangnya.

 

Selain itu, pihaknya telah menetapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bagi calon kader Ketika pelaksanaan pelatihan. Mulai dari ketentuan pakaian hingga barang-barang yang harus dibawa nantinya.

 

“Peserta diwajibkan memakai celana panjang. Saat mujahadah atau shalat malam baru mengenakan sarung. Mereka juga diharuskan membawa perlengkapan olahraga serta memakai songkok nasional,” imbuhnya.

 

Lebih lanjut, pria yang juga Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama Kota Pasuruan itu mengungkapkan, peserta lebih banyak didominasi oleh Pengurus Ranting (PR) GP Ansor se-Wilayah PAC Purworejo. Ada pula peserta yang berasal dari luar kota, yakni Probolinggo dan Kabupaten Pasuruan

 

"Peserta kurang lebih 100 orang yang terdiri dari 71 peserta pelatihan dan sisanya dari PC GP Ansor dan Banser," pungkasnya.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Satuan Koordinasi Cabang (Kasatkorcab) Banser Pasuruan Imam Mashudi, Ketua PAC GP Ansor Purworejo Fathoni, Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Purworejo Kholil, dan lainnya.


Tapal Kuda Terbaru