• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Tapal Kuda

Rukyatul Hilal Penentuan Syawal di Pasuruan Cerah Berawan

Rukyatul Hilal Penentuan Syawal di Pasuruan Cerah Berawan
Suasana Rukyatul Hilal di Pondok Pesantren Dalwa Bangil. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)
Suasana Rukyatul Hilal di Pondok Pesantren Dalwa Bangil. (Foto: NOJ/Mokh Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Kabupaten Pasuruan menggelar Rukyatul Hilal penentuan Bulan Syawal di Pondok Pesantren Dalwa, Gedung Mabna Abuya Hasan Lantai 10, Selasa (“9/04/2024). Adapun suasana di Kabupaten Pasuruan pantau cerah berawan.

 

"Alhamdulillah cuaca kali ini bagus setelah beberapa hari kemarin terjadi hujan yang cukup deras di Pasuruan," ujar Sekertaris LFNU Kabupaten Pasuruan Ustad M Rusdi.

 

Menurutnya berdasarkan hitungan dari tim LFNU Kabupaten Pasuruan hisab awal bulan syawal dengan metode Ad Durrul Aniq tinggi mencapai 6° 31' 09. 90" elongasi 9° 34' 40. 63".

 

"Kemungkinan besar hialal di Pondok Dalwa Pasuruan terlihat karena standardnya 3°, sedangkan hitungan kita sudah 6°," tambahnya.

 

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kelebihan dari Rukyatul Hilal kali ini adalah tidak ada halangan gunung penanggungan, arjuna dan welirang sehingga kita tidak kesulitan untuk melihat.

 

"Penentuan bulan ramadhan kita kesulitan karena terhalang gunung," terangnya.

 

Adapun yang hadir dalam acara ini adalah mahasiswa UINSA Surabaya dan UIN Walisongo Semarang, Kemenag Kabupaten Pasuruan, Pondok Pesantren Besuk dan BMKG Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru