• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 28 Maret 2023

Tapal Kuda

Tahun Baru, Muslimat NU Lumajang Terima 25 Motor Baru dari Pemkab

Tahun Baru, Muslimat NU Lumajang Terima 25 Motor Baru dari Pemkab
Penyerahan sepeda motor operasional untuk PAC Muslimat NU se-Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)
Penyerahan sepeda motor operasional untuk PAC Muslimat NU se-Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/ Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
Awal tahun 2023 begitu spesial bagi Muslimat NU Kabupaten Lumajang. Pasalnya, di penghujung tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang menyerahkan 25 unit sepeda motor baru sebagai kendaraan operasional bagi seluruh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU se-Lumajang, Sabtu (31/12/2022).


Penyerahan yang dipusatkan di Gedung NU timur Alun-alun Lumajang ini dihadiri Bupati Lumajang H Thoriqul Haq (Cak Thoriq), Wakil Bupati Indah Masdar, jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Lumajang, dan PAC Muslimat NU se-Lumajang.


Cak Thoriq menuturkan, sebenarnya Pemkab Lumajang sudah sejak lama ingin menyerahkan bantuan sepeda motor tersebut kepada Muslimat NU, karena memang sudah dianggarkan. Namun, karena waktu itu masih pandemi Covid-19, bantuan tersebut baru bisa direalisasikan di akhir tahun 2022.


"Saya bersama Bunda Indah sengaja berkeputusan anggaran di 2022 ini salah satunya untuk sepeda motornya Muslimat, ini diputuskan bersama sejak lama. Agar supaya Muslimat NU lebih bergerak juga untuk membantu pemerintah menyelesaikan problem-problem yang ada, seperti stunting, ekonomi dan lainnya," jelas Cak Thoriq.


Cak Thoriq berpesan, agar motor yang ada digunakan lebih maksimal untuk menjalankan program-program organisasi, dan jangan sampai lupa untuk merawatnya. Karena menurut pengalaman Cak Thoriq, banyak bantuan berupa motor terkadang tidak terawat.


"Meskipun Muslimat NU tetap pakai plat nomer ya, nanti surat-suratnya bisa diurus. Jangan lupa dicuci. Banyak, habis diberi bantuan motor lupa tidak bayar pajak, olinya tidak diganti. Saya yakin Muslimat NU ini lebih open, lebih bersihan," imbuh Cak Thoriq dengan nada guyon.


Sementara itu, Ketua PCNU Lumajang Gus Muhammad Darwis menyampaikan, bantuan sepeda motor ini harus menjadi penopang gerakan Muslimat NU ke depan yang lebih cepat dan dinamis. Hal itu perlu diwujudkan untuk melahirkan kemandirian organisasi untuk lebih berdaya dan digdaya.


"NU beserta lembaga dan banomnya bisa melaksanakan apa yang diinginkan dalam memasuki abad ke-2 ini. Mungkin, yang dulunya kader Muslimat NU berjalan kaki, sekarang bisa naik sepeda motor," tuturnya.


Peran vital Muslimat NU, lanjut Gus Darwis, tidak bisa dianggap sebelah mata. Mengutip surat Al A'raf ayat 58, Gus Darwis menjelaskan dari rahim Muslimat NU yang berkualitas dan berdaya akan muncul generasi-generasi hebat dan luar biasa.


"Perempuan oleh Allah ibarat tanah atau ladang, ketika ladang itu berdaya dan bergerak mandiri, maka akan lahir generasi-generasi emas lewat rahim Muslimat NU. Tentu, itu harapan Cak Thoriq dan Bunda Indah," tegasnya.


Tak ketinggalan, Ibu Nyai Hafsoh Abdul Halim, Ketua PC Muslimat NU Lumajang mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Lumajang atas bantuan sepeda motor yang tekah diberikan.


"Semoga dicatat oleh Allah sebagai amal kebaikan Cak Thoriq dan Bunda Indah," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru