• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

UPZISNU di Lumajang Gandeng Pemdes Bangun Rumah untuk Hunian Dhuafa

UPZISNU di Lumajang Gandeng Pemdes Bangun Rumah untuk Hunian Dhuafa
UPZISNU Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang menyerahkan pentasyarufan 1000 batako untuk hunian dhuafa kepada Ibu Miskati. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)
UPZISNU Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang menyerahkan pentasyarufan 1000 batako untuk hunian dhuafa kepada Ibu Miskati. (Foto: NOJ/Sufyan Arif)

Lumajang, NU Online Jatim
NU Care Unit Pengumpul Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (UPZISNU) Kecamatan Sumbersuko, Kabupaten Lumajang bersama Pemerintah Desa (Pemdes) Labruk Kidul membangun rumah untuk Ibu Miskati seorang janda sebatang kara asal desa setempat, Ahad (22/05/2022).


Dalam pembangunan ini, UPZISNU Kecamatan Sumbersuko ikut memberikan seribu batako untuk pembangunan tersebut yang diserahkan langsung oleh Kiai Moch. Syair, ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat.


Bendahara UPZISNU Sumbersuko, Nur Khoiriyah mengatakan, Ibu Miskati yang berprofesi sebagai tukang pijat ini memang tidak punya hunian. Ia sebatang kara semenjak suaminya meninggal dunia dan hanya hidup sendiri dirumah kontrakan.


"Sebelumnya ia tinggal di Jakarta bersama suami dan tidak punya keturunan. Tapi semenjak pandemi dia kembali kesini, sebelumnya juga pernah numpang di rumah saudaranya, namun karena ada masalah sekarang ngontrak," ceritanya kepada NU Online Jatim, Senin (23/05/2022).


Menurutnya, atas dasar itu dirinya bersama pengurus UPZIS lainnya bergerak cepat dengan mengkoordinasikan hal ini bersama tokoh masyarakat dan Pemdes setempat. Setelah disepakati hal itu, UPZISNU Sumbersuko juga langsung membuka donasi yang hingga hari ini tercatat mencapi 10 juta.


"Alhamdulillah, singkat cerita kami bersama tomas di sana mengadakan rapat kecil terkait pembangunan rumah beliau. Ada tiga warga yang menawarkan tanahnya bisa dipinjam untuk bangunan rumah ini. Akhirnya kita pilih salah satu pekarangan di seberang jalan rumah kontrakan Bu Miskati ini," ungkapnya.


Khoiriyah mengaku, pembangunan ini terus dikebut dan ditargetkan sebelum bulan November mendatang sudah bisa ditempati, karena saat itu bertepatan dengan habisnya kontrakan Ibu Miskati.


"Kita juga dibantu teman-teman Banser Sumbersuko untuk pembangunan ini, dan alhamdulillah warga juga siap menyediakan konsumsi tukang setiap harinya. Kita terus buka donasi dan semoga banyak donatur yang terketuk hatinya untuk giat ini," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru