• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Jujugan

Berkunjung ke Surabaya? Wajib Mencicipi Sego Sambel Mak Yeye

Berkunjung ke Surabaya? Wajib Mencicipi Sego Sambel Mak Yeye
Sego Sambel Mak Yeye menjadi menu favorit saat berkunjung ke Kota Surabaya. (Foto: NOJ/WAp)
Sego Sambel Mak Yeye menjadi menu favorit saat berkunjung ke Kota Surabaya. (Foto: NOJ/WAp)

Surabaya, NU Online Jatim

Jawa Timur kaya dengan destinasi wisata dan makan khas yang tentu saja tidak dijumpai di kawasan lain. Demikian pula masing-masing kota juga mempunyai jujugan dan menu andalan yang demikian istimewa. Salah satunya adalah Sego Sambel Mak Yeye ini.

 

Bahkan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa selama lebaran ini secara khusus mempromosikan aneka destinasi wisata dan makanan khas daerah. Dan untuk Kota Surabaya, setidaknya ada 10 jenis menu khas yang direkomendasikan, termasuk Sego Sambel Mak Yeye.

 

Dengan demikian, bagi pengunjung dari kota lain yang sedang mengunjungi keluarga, kerabat dan sahabat di Surabaya wajib mencicipi Sego Sambel Mak Yeye karena merupakan penyetan legendaris yang ada sejak tahun 1982. Kuliner ini ada di pinggir Jalan Jagir No 12 Wonokromo Wetan, tepatnya di sebelah utara gedung Darmo Trade Centre atau DTC.

 

Warung Kaki Lima Legendaris

Meski legendaris, warung ini berdiri dengan cukup sederhana, seperti warung kaki lima lainnya. Namun, itu tak jadi soal, buktinya warung Sego Sambel Mak Yeye tak pernah sepi pengunjung.

 

Pengalaman saat penulis datang ke tempat ini usai lembur media cetak yakni dini hari, menu yang banyak diincar adalah seporsi nasi pulen hangat, ikan pari (iwak pe) dan sambal pedas. Tak banyak warung penyet yang menyediakan menu ini.

 

Menu lain yang ditawarkan adalah ayam goreng, telur dan tempe goreng. Satu porsi nasi sambal dan iwak pe dibanderol dengan harga kurang lebih dua puluh ribu rupiah.

 

Perlu diketahui bahwa yang membuat keistimewaan dari Sego Sambel Mak Yeye adalah sambalnya yang terbuat dari ulekan tomat, cabai, terasi, bawang putih, bawang merah dan garam.

 

Tak perlu khawatir bagi yang tidak terlalu suka pedas, karena dapat menyampaikan lebih awal agar sambal bisa ditambah gula supaya sedikit lebih manis. Menu yang ada dipadukan dengan teh atau es teh manis, sehingga melengkapi sajian yang ada.

 

Perlu diketahui bahwa warung Sego Sambel Mak Yeye buka sejak jam 9 malam hingga 4 pagi. Dan jika tidak mau kehabisan menu penyet yang ada, baiknya datang lebih awal mengingat pembeli akan antri panjang. Demikian juga keuntungan lain jika datang lebih awal, pengunjung juga kebagian tempat parkir jika membawa kendaraan sendiri.

 

Bagi pecinta makanan pedas, tentu tak boleh melewatkan kuliner legendaris yang satu ini. Karenanya, jangan pernah mengaku pernah ke Kota Surabaya kalau belum merasakan sensasi Sego Sambel Mak Yeye ini.


Jujugan Terbaru