• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Jujugan

Cafe Nyantol Probolinggo, Ada Gazebo Kerucut untuk Nyantai di Bawah Jalan Tol

Cafe Nyantol Probolinggo, Ada Gazebo Kerucut untuk Nyantai di Bawah Jalan Tol
Suasana Cafe Nyantol saat malam hari. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Suasana Cafe Nyantol saat malam hari. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Di wilayah Kabupaten Probolinggo kian hari banyak bermunculan cafe dan tempat nongkrong yang keren, unik, menarik dan instagramable. Salah satunya adalah Cafe Nyantol yang terletak di bawah Tol Clarak.

 

Cafe Nyantol ini berada di Dusun Karang Tengah Desa Clarak Kecamatan Leces. Cafe ini melayani pengunjung dari pukul 13.00 WIB hingga 22.00 WIB.

 

"Tempat ini paling cocok dikunjungi ketika akhir pekan bersama keluarga, teman, ataupun pasangan. Suasana di sini masih asri ditemani semilirnya angin persawahan yang membuat pengunjung semakin betah. Ditambah lagi suasana lalu lalang kendaraan di atas Tol Clarak," kata Muhammad Baidhowi salah satu pengunjung.

 

Di sini, pengunjung akan disuguhkan pemandangan berupa hamparan sawah luas. Jika cuaca sedang mendukung, pengunjung juga dapat melihat kegagahan Gunung Lemongan dan Gunung Bromo.

 

Aneka menunya juga cukup beragam dan nikmat. Ada aneka roti bakar, kentang goreng, lalapan, hingga nasi bakar tongkol dan cumi-cumi.

 

"Harganya pun cukup terjangkau dan ramah di kantong. Misalnya teh manis dan jeruk hanya seharga Rp. 5.000," ujar Baidhowi pada Rabu (05/01/2022) siang.

 

Cafe Nyantol ini didirikan oleh pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Amanah Desa Clarak yang baru saja dilaunchingkan pada tanggal 27 Desember 2021 lalu.

 

Eko Nurani Setiawan selaku Sekretaris BUMDes Amanah mengatakan bahwa pendirian Cafe Nyantol ini dilakukan setelah melihat potensi yang ada di Desa Clarak yaitu tol. Hingga akhirnya membuat tongkrongan baru yang bernama "Nyantol" atau "Nyantai di Tol".

 

"Tujuan kami membuka usaha ini salah satunya adalah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat, khususnya pemuda Desa Clarak untuk lebih kreatif dan produktif lagi. Serta juga bisa membangkitkan ekonomi mereka," kata Eko.

 

Selain itu, Cafe Nyantol ini dihiasi dengan Gazebo Kerucut yang setiap malam dihiasi dengan lampu kelap-kelip. Di sampingnya ada fasilitas seperti Mushala, kamar mandi, dan aula.

  

"Harapan saya dengan adanya Cafe Nyantol ini bisa bermanfaat bagi masyarakat. Khususnya anak muda yang tidak mempunyai lapangan pekerjaan. Insyaaallah kedepannya Cafe Nyantol ini akan ditambah dengan permainan anak-anak, dan lainnya," tandas Eko.


Editor:

Jujugan Terbaru