• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 23 April 2024

Jujugan

Ini 5 Rekomendasi Masjid di Surabaya

Ini 5 Rekomendasi Masjid di Surabaya
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: NOJ/IVT)
Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. (Foto: NOJ/IVT)

Surabaya, NU Online Jatim

Masjid tak terbatas sebagai tempat ibadah atau ritual keagamaan, akan tetapi menjadi pusat peradaban dan pemberdayaan umat Islam. Terutama dalam bulan suci Ramadhan, masjid menjadi pusat kegiatan ibadah mulai dari shalat 5 waktu, shalat tarawih, iktikaf, kajian bahkan penyaluran zakat.

 

Di Surabaya terdapat berbagai macam masjid yang memberikan semua fasilitas tersebut. Bagi kamu yang ingin beribadah dengan nyaman di tempat yang indah dan unik di bulan Ramadhan bisa mengunjungi masjid-masjid ini.

 

Rekomendasi masjid di Surabaya


1. Masjid Raya Cheng Hoo

Masjid Raya Cheng Hoo adalah sebuah masjid bernuansa Muslim Tionghoa yang berlokasi di Jalan Gading, Ketabang, Kecamatan Genteng, Surabaya atau 1.000 meter di arah utara dari Gedung Balai Kota Surabaya.


2. Masjid Sunan Ampel

Masjid Sunan Ampel adalah sebuah masjid kuna yang terletak di Desa Ampel, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan pada 1421 oleh Sunan Ampel yang di dekatnya terdapat Kompleks Pemakaman Sunan Ampel. 


3. Masjid Kemayoran

Masjid Kemayoran berada tepat di depan gedung pemerintahan Gubernur Hindia Belanda (sekarang Gedung Pemerintah Provinsi Jawa Timur). Masjid ini didirikan di masa pemerintah Belanda pada 1944 sampai 1948, pembangunan sekitar 4 tahun. 


4Masjid Nasional Al-Akbar

Masjid Nasional Al-Akbar terletak di Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini merupakan masjid terbesar kedua setelah Istiqlal. 


Kubah masjid cukup antik, berbentuk setengah telur dan dibuat dengan teknologi khusus yang membuatnya tahan panas, hujan, dan karat. Selain itu, masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan sangat indah yang terlihat dari pintu, mimbar, dan desain interiornya.


5Masjid Rahmat

Dahulu, masjid ini hanya berbentuk gubuk, atapnya dari bambu dan jerami. Kini, Masjid Rahmat cukup megah dan menjadi masjid tertua di Surabaya. Sementara lokasi masjid ini berada di Jalan Kembang Kuning Nomor 79-81, Darmo, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.


Jujugan Terbaru