• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Jujugan

Libur Akhir Tahun, Nikmati Keindahan Pantai Watu Bale Pacitan

Libur Akhir Tahun, Nikmati Keindahan Pantai Watu Bale Pacitan
Seorang pengunjung sedang menyusuri jembatan di Pantai Watu Bale Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)
Seorang pengunjung sedang menyusuri jembatan di Pantai Watu Bale Pacitan. (Foto: NOJ/ Anwar Sanusi)

Pacitan, NU Online Jatim
Kabupaten Pacitan terkenal dengan julukan kota 1001 goa. Namun, keindahan alam di Pacitan tidak hanya dari wisata goa saja. Pacitan merupakan salah satu daerah yang memiliki banyak pantai. Di antaranya ada Pantai Watu Bale yang sering menjadi jujugan wisatawan untuk menikmati masa liburannya, khususnya libur akhir tahun.


Pantai Watu Bale semakin dikenal karena banyaknya para pelancong yang mengabadikan momen di sana dan dibagikan ke sosial media. Hal tersebut karena keindahan Pantai Watu Bale jarang ditemui di destinasi wisata lainnya.

 
Lokasi Pantai Watu Bale terletak di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, Pacitan. Rute menuju Pantai Watu Bale sangatlah mudah, meski sesekali pengunjung harus tetap fokus karena melewati jalur berkelok dan tanjakan.


Walaupun bukan pantai yang memiliki pasir, tetapi Watu Bale merupakan tebing tinggi yang berbatasan langsung dengan laut selatan, atau biasa disebut dengan tanjung berbukit.


Ciri khas pantai ini adalah keberadaan batu karang yang menyerupai “bale” yang berarti balai atau tempat istirahat. Sehingga pantai ini dinamakan Pantai Watu Bale.


Pantai Watu Bale menjadi salah satu pantai di Pacitan yang mempunyai jembatan gantung di tengah-tengah pantai dengan panjang 100 meter. Pantai ini memiliki jembatan yang terbuat dari Tambang Basketan dan Kayu yang berkualitas, sehingga aman untuk dilewati. Jembatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dalam menguji adrenalin.


Ela Nur Janah, salah satu pengunjung mengatakan, Pantai Watu Balai mempunyai keistimewaan tersendiri dari pada pantai yang lain.


"Objek wisata ini sangat bagus dan menarik. Akses masuk sudah tertata dengan rapi sehingga memudahkan pengunjung. Pantai ini memiliki keindahan dan keistimewaan tersendiri,” ujarnya kepada NU Online Jatim beberapa waktu lalu.


Ia menyebutkan, di pantai tersebut terdapat jembatan gantung yang menjangkau dua batu karang. Pengunjung perlu melalui jembatan gantung untuk dapat menjangkau batu karang yang mirip dengan bale tersebut.


"Untuk menuju batu karang tersebut, pengunjung harus melewati jembatan gantung yang di bawahnya tak henti-hentinya datang deburan ombak besar, seperti ingin memecah karang. Ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka memacu adrenalin,” imbuhnya.


Tak hanya itu, di Pantai Watu Bale pengunjung juga dapat membeli beragam kuliner khas, kerajinan batik, dan berbagai souvenir lainnya sebagai buah tangan. Akan tetapi, para wisatawan harus berhati-hati karena pantai tersebut mempunyai ombak yang cukup besar dan tebing yang curam.


Jujugan Terbaru