• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 18 Juni 2024

Jujugan

Puncak Sekawan Blitar, Jalur Pendek Hiking Track Cocok untuk Pendaki Pemula

Puncak Sekawan Blitar, Jalur Pendek Hiking Track Cocok untuk Pendaki Pemula
Puncak Sekawan Blitar. (Foto: NOJ/YNH)
Puncak Sekawan Blitar. (Foto: NOJ/YNH)

Blitar, NU Online Jatim

Blitar ternyata memiliki banyak sekali destinasi wisata yang wajib di cobain bagi kalian penggemar perjalanan. Ada salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Semen, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar yakni Puncak Sekawan.


Wisata ini telah dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat. Wisata ini menyediakan berbagai macam pilihan, di antaranya adalah memiliki jalur pendek hiking track yang cocok untuk pendaki pemula dan keluarga.


Puncak Sekawan juga menyediakan area camping ground yang memiliki tempat yang lapang dengan daya tarik utama pemandangan alam berupa pepohonan pinus, pegunungan dan gumuk. Jalur Puncak Sekawan tidak hanya dapat dilalui oleh pejalan kaki, sepeda gunung juga dapat menggunakan jalur untuk cycling.


Terletak di ketinggian 711 Mdpl, Puncak Sekawan menawarkan beberapa spot foto dan pepohonan yang rindang dan nyaman digunakan berteduh atau bersantai. Selain itu juga ada gazebo-gazebo dan hall untuk menambah kenyamanan wisatawan.


Dari atas puncaknya, terlihat pemandangan menakjubkan karena dari semua sisi kita bisa melihat beberapa gunung dan gumuk. Dari arah timur kita bisa melihat indahnya pegunungan putri tidur, dari arah utara kita bisa melihat gunung kromasan dan gunung kelud, dari arah barat kita bisa melihat gunung gedang, dan dari arah selatan kita bisa melihat gunung semeru dan gumuk gogoniti. Selain itu kita bisa melihat indahnya sunset dan sunrise dari atas puncak sekawan.


Untuk menuju lokasi puncak, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau motor atau mobil yang tentunya sampai di lokasi. Selama perjalanan anda akan melihat indahnya suasana hutan yang ridang dan merdunya suara hewan-hewan yang mampu menyejukkan gendang telinga.


Di sana terdapat berbagai macam fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung yang berkunjung ke sana. Beberapa fasilitas yang ada di sana yaitu café gunung yang menyediakan persewaan peralatan camping lengkap, seperti tenda, matras, kompor gunung, gas isi ulang, alat penerangan, tas gunung dan perlengkapan lainnya tenda, matras, kompor, dan lainnya.


Selain itu juga terdapat kamar mandi, tempat yang luas untuk camping, mushala, spot foto, free wifi, gazebo, listrik dan masih banyak lagi.


Adapun tujuan dari wisata puncak sekawan ini adalah ekonomi kemasyarakatan yang berpegang teguh pada kearifan lokal. Karena yang mengelola masyarakat, jadi semua hasil dari destinasi wisata ini adalah kembalinya ke masyarakat dan pengembangan wisata ini sendiri.


Dengan adanya wisata ini bisa mengangkat perekonomian warga. Seperti jasa penyewaan alat camping, tukang parkir, gaet, dan usaha-usaha lainnya yang bisa untuk menambah penghasilan masyarakat itu sendiri.


Untuk harga tiket masuk Puncak Sekawan ini hanya dikenakan tarif Rp 10.000 per orangnya. Kemudian untuk tarif parkir dikenakan biaya 5000 per sepeda motor dan 10.000 per mobil yang tentunya semuanya sudah berasuransi.


Jujugan Terbaru