• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Kediri Raya

Abdul Latif, Kader IPNU Blitar Segudang Prestasi di Cabor Anggar

Abdul Latif, Kader IPNU Blitar Segudang Prestasi di Cabor Anggar
Abdul Latif, kader IPNU Blitar yang berprestasi di cabor anggar. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)
Abdul Latif, kader IPNU Blitar yang berprestasi di cabor anggar. (Foto: NOJ/Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Kader IPNU tidak hanya jago dalam bidang ilmu agama dan akademik. Tapi juga di bidang-bidang lainnya. Contohnya Abdul Latif, kader PKPT IPNU Universitas NU Blitar yang berprestasi di bidang olahraga. Lewat cabor anggar, segudang prestasi sudah Latif raih.

 

Latif sudah hobi anggar sejak Madrasah Ibtidaiyah. Saat itu, pria kelahiran Blitar, 19 Juni 1999, itu kerap mengikuti berbagai perlombaan. Ketika sekolah di SMP Miftahul Huda Gogodeso, Kecamatan Kanigoro, dia mendapatkan tawaran untuk bergabung tim anggar. Dia tertarik dan sejak itu mengikuti berbagai perlombaan.

 

“Kejuaraan pertama di Mojokerto dan kedua di Malang itu saya kalah. Alhamdulillah, yang ketiga di Kejuaraan Daerah Anggar Probolinggo menang dan mendapat medali emas,” ungkap Latif kepada NU Online Jatim, Kamis (09/09/2021).

 

Sejak itu Latif dilirik tim anggar Kabupaten Blitar. Dia pun dilatih oleh pelatih tim nasional, Elias Roy Tomasoa. Latif kemudian mengikuti puluhan kejuaraan anggar, baik tingkat daerah maupun nasional. Tidak semua berjalan mulus, memang, tapi beberapa pertandingan berhasil dia menangkan.

 

“Apapun keadaannya harus berjuang. Kalah, latihan, kalah, latihan. Semisal kalah pun, malah lebih terpacu semangatnya, sebab masih ada yang perlu dilampaui,” jelas Latif.

 

Berkat kerja kerasnya, Latif mendapat berbagai penghargaan di ajang anggar. Di antaranya, Kejurda Probolinggo mendapat medali emas pra cadet foil; Malang Open, mendapat medali perak cadet foil; Perunggu Beregu Epee; Surabaya Open mendapat medali emas; Kejurda Banyuwangi mendapat dua medali perunggu; dan masih banyak lagi.

 

Dengan segudang prestasinya tersebut, saat ini Latif mendapat amanah sebagai pelatih anggar di Kabupaten Blitar. Namun ia izin terlebih dahulu untuk fokus kuliah, karena sedang menempuh semester akhir S1 Program Studi Matematika.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru