• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Kediri Raya

Warga Desa Senang Mahasiswa UNU Blitar Aktif Lakukan Pemberdayaan

Warga Desa Senang Mahasiswa UNU Blitar Aktif Lakukan Pemberdayaan
Sosialisasi kegiatan pemberdayaan oleh mahasiswa UNU Blitar di Desa Sumberurip, Kamis (02/09/2021). (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)
Sosialisasi kegiatan pemberdayaan oleh mahasiswa UNU Blitar di Desa Sumberurip, Kamis (02/09/2021). (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Sejumlah mahasiswa Univeesitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar menggelar sosialisasi pembukaan program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) di Desa Sumberurip, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Kamis (02/09/2021). Warga pun senang dan antusias merespons aktivitas pemberdayaan yang dilakukan oleh mahasiswa tersebut.

 

Bertajuk Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengolahan Limbah Penyulingan Daun Cengkeh Berbasis Ekonomi Kreatif, sebanyak 10-15 mahasiswa UNU Blitar yang diketuai Ibnu Husaini ikut serta dalam kegiatan yang didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

 

Ibnu Husaini mengatakan, kegiatan itu bertujuan agar mahasiswa mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

 

Wakil Rektor UNU Blitar Bidang SDM dan Keuangan Puji Wianto mengatakan, agar kelompok mahasiswa yang bertugas dapat melaksanakan program tersebut sebaik baiknya, diperlukan pula dukungan penuh dari berbagai aspek, baik aparat desa maupun dinas pendidikan, guna kelancaran keberlangsungan program ini.

 

"Semoga kegiatan ini memiliki tindak lanjut dan berjalan  dengan konsisten, yang mana program ini terus berlanjut dan masyarakat benar-benar memberdayakan sebaik baiknya. Kami senantiasa membimbing dan mendukung jalannya program holustik ini, mengabdilah dengan baik, berkontribusilah dengan baik, lambungkan inovasi-inovasi terbaikmu,” pesannya kepada mahasiswa.

 

Adapun out put dalam kegiatan ini yaitu memproduksi pupuk bokashi melalui proses penyulingan dengan bahan dasar daun cengkeh, nantinya produk yang dihasilkan akan digunakan masyarakat setempat untuk bahan pokok pupuk tanaman, kemudian akan dilakukan pemasaran secara global.

 

Aparat desa dan masyarakat setempat begitu antusias dengan program tersebut. terbukti dengan adanya dukungan penuh. Diharapkan, inovasi yang dihadirkan mahasiswa UNU Blitar dapat mendorong dan mendongkrak perekonomian desa setempat.

 

"Saya berharap silaturahim dan kerja sama ini senantiasa terjalin, sehingga perkembangan dan kelestarian lingkungan terjaga dengan baik," kata Kepala Desa Sumberurip, Bonaji.

 

Penulis: Pransiska Anggraeni

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru