• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Kediri Raya

Bupati Blitar Optimis Ansor Mampu Cetak Pemuda Unggul dan Potensial

Bupati Blitar Optimis Ansor Mampu Cetak Pemuda Unggul dan Potensial
Bupati Blitar, Rini Syarifah saat sambutan di acara Apel kebangsaan Ansor. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Bupati Blitar, Rini Syarifah saat sambutan di acara Apel kebangsaan Ansor. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Blitar Menggelar Kegiatan Apel kebangsaan, Jumat, (10/06/2022). Kegiatan yang bertajuk ‘Merawat Warisan Nilai Luhur Pancasila di Bumi Laya Ika Tantra Adi Raja’ tersebut dipusatkan di Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar.


Pada kesempatan tersebut, Bupati Blitar, Rini Syarifah mengungkapkan bahwa pemuda harus mampu menghadapi tantangan dalam kemajuan bangsa, salah satunya dengan meneladani semangat juang Bung Karno.


“Kita punya sang proklamator untuk dijadikan tokoh inspiratif, yang berani melangkah ke depan untuk mempertahankan bangsa, pemuda Blitar pun hendaknya demikian,” katanya.


Perempuan yang akrab disapa Mak Rini tersebut menerangkan, peran Ansor harus terus berkiprah untuk melakukan terobosan dalam meningkatkan inovasi, kolaborasi, serta kompetensi kader, khususnya dalam percepatan global. Sebab, konflik saat ini berpusat pada perang budaya serta masih maraknya paham radikalisme.


Untuk itu, dirinya mengimbau agar generasi muda di Blitar tetap menjaga kondusifitas, serta berani mengambil inisiatif. Selain itu, lebih bijak dalam mengelola gadget. Hal tersebut sebagai upaya dalam menepis informasi hoaks di tengah masyarakat.


“Saya optimis, Ansor akan terus bergerak cepat mencetak pemuda Blitar yang unggul, tangguh, serta potensial. Juga berperan penuh dalam keikutsertaannya membranding Blitar agar mandiri, sejahtera dan terdepan,” tandasnya.


Sementara itu, Hermawan, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Blitar menerangkan, apel kebangsaan di Blitar kali ini juga sebagai rangkaian peringatan Hari Lahir (Harlah) GP Ansor Kabupaten Blitar. Tujuannya untuk memberikan contoh kepada sejumlah pemuda, bahwa seluruh Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) bisa berdiri bersama secara berdampingan tanpa adanya jarak maupun perbedaan.


Ia juga mengungkapkan, peserta apel yang hadir sekitar 5.000 pemuda dari sejumlah organisasi kemasyarakatan se-Kabupaten Blitar. Diperkirakan pula adanya peserta apel dari Tulungagung, Kediri, serta Madiun.


Diketahui, selain kegiatan apel kebangsaan, acara yang berlangsung selama dua hari tersebut dimeriahkan dengan bazar Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh asosiasi UMKM lintang songo.


Acara diakhiri dengan Ansor Bersholawat dan Ngaji Bareng Bersama Gus Ardha Billy, Ketua Rijalul Ansor Kabupaten Blitar, serta Gus Iqdam Cholid, Pengasuh Majelis Ta'lim Sabilu Taubah.


Editor:

Kediri Raya Terbaru