• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Mei 2022

Kediri Raya

Gus Jalal Ajak Mahasiswa Miliki Karakter Multikultural

Gus Jalal Ajak Mahasiswa Miliki Karakter Multikultural
Gus Jalal di acara Makestama. (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)
Gus Jalal di acara Makestama. (Foto: NOJ/Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Muhammad Shulton Arif Jalaludin Malik Rahma, Gus Jalal sapaanya, menjelaskan tentang karakteristik mahasiswa dalam lingkup sosiologi kampus. Hal tersebut disampaikan Gus Jalal saat Masa Kesetiaan Anggota Mahasiswa (MAKESTAMA) Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar. Sabtu-Ahad, (13-14/11/2021).

 

"Dalam menyikapi dinamika konflik di ranah kampus, mahasiswa harus berkomitmen serta memiliki karakter multikultural," katanya saat sesi pemaparan materi sosiologi kampus.

 

Menurutnya, karakter tersebut sangat diperlukan untuk generasi masa kini agar memiliki persepsi dan sikap multikulturalistik, melakukan sosialisasi secara berkala. Utamanya di ranah kampus yang menitikberatkan pada kompetensi mahasiswa. Oleh karenanya, dalam merealisasikan dua prinsip, yaitu sinergi dan kolaborasi. Serta nilai-nilai kesetaraan dan kebersamaan perlu ditanamkan sejak dini agar dapat dikembangkan secara optimal.

 

"Saya berharap mahasiswa aktif UNU Blitar mampu mengimbangi antara organisasi dan akademik, sehingga orientasi baik di lingkungan kampus manapun lingkungan lingkungan. Jangan sampai generasi intelektual ini memiliki  karakter radikalisme dan kapitalisme," jelasnya.

 

Disampaikan pula, agar mahasiswa dapat berfikir kritis dan terbuka dalam menyikapi berbagai karakter di ranah dan loyal terhadap organisasi.

 

Diketahui, acara MAKESTAMA yang berpusat di MI Assyafiiyah, Desa Kebonagung, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar ini diikuti oleh 30 peserta IPNU IPPNU UNU BLITAR dari berbagai program studi. Dihadiri pula civitas akademika, aparat desa, badan otonom, juga PKPT IPNU IPPNU dari IAIN Tulungagung, UNWAHA, hingga PKPT IPNU IPPNU Jombang.

 

Menjelang malam acara dimeriahkan dengan berbagai pentas seni, yaitu musikalisasi puisi, drama kolosal, tembang lagu pop serta outbond menarik. Adapun tema yang diusung yaitu Meningkatkan Kualitas dan Komitmen PKPT Dalam Membentuk Pimpinan Terbaik di Era Digital.


Kediri Raya Terbaru