• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Tapal Kuda

Pelajar NU di Kota Pasuruan Dilatih Cakap Public Speaking

Pelajar NU di Kota Pasuruan Dilatih Cakap Public Speaking
Suasana seminar public speaking di aula PCNU Kota Pasuruan, Sabtu (13/11/2021). (Foto: NOJ/ Winda)
Suasana seminar public speaking di aula PCNU Kota Pasuruan, Sabtu (13/11/2021). (Foto: NOJ/ Winda)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kota Pasuruan menggelar Seminar 'Public Speaking', Sabtu (13/11/2021). Kegiatan ini dilaksanakan di aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pasuruan. 

 

Setidaknya 50 peserta mengikuti kegiatan ini dengan dihadiri 2 narasumber. Yaitu Ning Khilyatus Sholihah, presenter Wartabromo dan Sururun Marfuah, Bendahara PC IPPNU Kota Pasuruan. 

 

Selain pemaparan dari para narasumber, peserta juga diberi tugas membuat teks Master of Ceremony (MC) dan video kegiatan MC. Bagi peserta yang melaksanakan tugas paling bagus akan mendapatkan hadiah dari panitia. 

 

Ning Khilyatus Sholihah mengatakan, dirinya senang bisa berbagi pengalaman dengan kader IPPNU Kota Pasuruan. 

 

"Karena selama ini jujur, tinggalnya di Kabupaten Pasuruan. Baru kali ini saya event di Kota Pasuruan. Kalau biasanya diluar job presenter di Warmo. Ternyata di sini antusias dari ingin belajar public speaking itu juga tinggi dari PC IPNU-IPPNU Kota Pasuruan, sehingga saya merasa harus menyampaikan dengan sebaik-baiknya. Dan juga terlihat ketika praktik banyak yang antusias bisa tampil. Oh ternyata banyak yang ingin belajar public speaking," ujarnya.

 

Menurutnya, tips untuk cakap berbicara di antaranya harus percaya diri. Rasa percaya diri itu akan baik bagi seseorang yang sudah terbiasa tampil. Jadi, membiasakan diri dengan cara mencoba dan mengawali mulai hari ini.

 

“Apa yang kita bisa hari ini, itu yang kita actionkan, itu yang kita showkan. Sehingga jangan menunggu ada kesempatan, kita cari kesempatan. Mencari kesempatan ada banyak dengan cara narsis, eksis dan promosi itu wajib. Sehingga dengan itu bisa dikenal di khalayak umum dengan cara itu tadi,” ungkapnya.

 

Meski demikian, ia mengingatkan supaya tidak hanya narsis saja yang dikedepankan. “Tapi bakat yang kita miliki juga asah sedemikian rupa. Maka orang lain bisa menilai dan membaca yang kita miliki,” tandasnya. 

 

Sementar aitu, Sururun Marfuah, dalam kesempatan tersebut juga menjelaskan cara cakap berbicara. Di antaranya mempersiapkan materi yang sesuai tema dengan baik.

 

 

"Harus mau mulai belajar, dan selanjutnya percaya diri, sehingga mampu mempraktikkannya," ujarnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru