• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Kediri Raya

Idul Adha 1443 H, Pesantren Lirboyo Sembelih 217 Hewan Kurban

Idul Adha 1443 H, Pesantren Lirboyo Sembelih 217 Hewan Kurban
Pondok Pesantren Lirboyo Kediri sembelih 217 hewan kurban di momen Idul Adha 1443 Hijriyah. (Foto: Istimewa)
Pondok Pesantren Lirboyo Kediri sembelih 217 hewan kurban di momen Idul Adha 1443 Hijriyah. (Foto: Istimewa)

Kediri, NU Online Jatim
Pondok Pesantren Lirboyo Kediri menyembelih sebanyak 217 hewan kurban pada hari pertama hari raya Idul Adha 1443 Hijriyah. Penyembelihan 208 ekor kambing dan 9 ekor sapi ini dilaksanakan di lapangan Aula Al Muktamar kompleks pesantren setempat, Ahad (10/07/2022).


“Kurban berasal dari para santri di dalam maupun luar negeri, karena di antara santri-santri ada yang berasal dari Malaysia dan Thailand, yang ikut serta dalam pelaksanaan ibadah kurban tahun ini,” ungkap Ketua Umum Pondok Pesantren Lirboyo, Agus H Adibussholeh Anwar saat dihubungi NU Online Jatim.


Gus Adib menuturkan, sebelum disembelih hewan-hewan tersebut diperiksa oleh Dinas Peternakan Kota Kediri, hasilnya tidak ditemukan hewan kurban yang terkena penyakit.


“Alhamdulillah, hasilnya negatif dari penyakit mulut dan kuku (PMK) sehingga hewan yang kita kurbankan betul-betul dalam keadaan sehat dan layak untuk dikonsumsi,” ujarnya.


Dijelaskan putra KH Anwar Manshur ini, saat proses penyembelihan pihaknya mengandalkan delapan orang tenaga penyembelih, masing-masing dibantu tiga orang. Sedangkan untuk sapi disiapkan satu tenaga penyembelih dibantu oleh sembilan orang.


Selanjutnya, hewan kurban dikuliti dan dipotong oleh para santri untuk dibagikan dan diolah menjadi berbagai menu masakan ala santri. Tampak keguyuban dan kebahagiaan pada momen Idul Adha di Pesantren Lirboyo tahun ini.


“Alhamdulillah, para santri bahagia karena memang hari raya adalah hari di mana umat Islam sudah seharusnya berbahagia di samping pula mendapat pahala,” sambung Gus Adib.


Pelaksanaan kurban Pondok Pesantren Lirboyo, lanjut Gus Adib, tahun ini mengalami peningkatan hampir 95 persen. Dari yang semula 120 ekor kambing di tahun lalu, tahun sekarang menjadi 208 ekor.


Dirinya berharap, apa yang dilakukan oleh santri ini bisa betul-betul bermakna. Menurutnya, ibadah kurban merupakan simbol untuk melepaskan segala sesuatu yang dicintai demi mendapatkan ridha Allah SWT.


“Ibadah kurban juga melatih kepekaan terhadap lingkungan masyarakat. Semoga Allah menerima ibadah kurban kita semua,” pungkas Gus Adib.


Kediri Raya Terbaru