• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Kediri Raya

Jelajah Data Komisariat, Cara IPNU-IPPNU Blitar Serap Aspirasi Kader

Jelajah Data Komisariat, Cara IPNU-IPPNU Blitar Serap Aspirasi Kader
Flyer 'Jelajah Data Komisariat' PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ist)
Flyer 'Jelajah Data Komisariat' PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ist)

Blitar, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Blitar punya program ‘Jalajah Data Komisariat’. Program ini merupakan salah satu langkah untuk revitalisasi data komisariat sekaligus serap aspirasi Departemen Jaringan Pesantren (Jarpes) di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU se-Kabupaten Blitar.


“Kegiatan ini dilaksanakan mulai Kamis (12/05/2022) lalu hingga Kamis (19/05/2022) besok,” ujar Ira Wahyu Lestari, Wakil Ketua PC IPPNU Kabupaten Blitar kepada NU Online Jatim, Selasa (17/05/2022).


Dijelaskan, bahwa danya program ini berawal dari keresahan yang muncul terkait peran dan pemberdayaan dari adanya komisariat dan tugas pokok Departemen Jarpes. Program ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami poin penting yang dibutuhkan pelajar NU di lingkup sekolah dan pesantren guna mewujudkan organisasi yang sehat dan berkualitas.


“Sehingga, dari hasil serap aspirasi nanti PC IPNU-IPPNU Kabupaten Blitar berinisiatif untuk menyusun Buku Pedoman Pimpinan Komisariat (PK) dan Pimpinan Komisariat Pondok Pesantren (PKPP) pelajar NU se-Kabupaten Blitar sebagai upaya untuk menjawab keresahan yang ada,” ungkap Ira.


Dirinya menambahkan, buku pedoman ini sangat dibutuhkan mengingat urgensi peran pelajar NU untuk mendampingi dan mengawal pelajar, baik di lingkungan sekolah maupun pondok pesantren. Hal ini bertujuan agar mereka tetap berada dalam koridor yang benar, yaitu berideologi Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah dan dijauhkan dari pengaruh paham radikal.


“Harapannya program ini juga bisa menjadi bahan dan langkah untuk melakukan pendekatan kepada pelajar, baik dalam lingkup Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU, sekolah negeri maupun swasta lainnya,” terangnya.


Menurut Ira, direncanakan dalam buku panduan PK dan PKPP ini akan membahas beberapa poin, yaitu tentang struktur organisasi, kepengurusan, serta hal-hal yang harus dilakukan dalam menjalankan organisasi di tingkat PK dan PKPP.


“Selain itu, buku panduan ini akan membahas dan menjawab berbagai permasalahan yang dialami oleh kader IPNU-IPPNU, baik di PK maupun PKPP se-Kabupaten Blitar,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru