• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Kediri Raya

Ketua IPNU Tulungagung Kupas Tema Harlah ke-99 NU

Ketua IPNU Tulungagung Kupas Tema Harlah ke-99 NU
Jaka Saiful Mustofa, Ketua IPNU Kabupaten Tulungagung. (Foto: NOJ/Puspita Hanum)
Jaka Saiful Mustofa, Ketua IPNU Kabupaten Tulungagung. (Foto: NOJ/Puspita Hanum)

Tulungagung, NU Online Jatim

Tema Harlah ke-99 NU tahun ini ialah Merawat Jagat Membangun Peradaban. Menurut Jaka Saiful Mustofa, Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Tulungagung, yang dimaksud merawat tidak hanya menjaga, tapi juga menumbuhkembangkan dunia untuk membangun peradaban.

 

“Kalau hanya menjaga saja,  maka semua akan mudah mengklaim bahwa dirinya telah menjaga dunia, baik dengan cara yang halus, otoriter, atau dengan cara yang kasar bahkan radikal,” kata Jaka dalam acara talkshow dalam rangka memperingati Harlah ke-99 NU di sebuah radio swasta di Tulungagung, Kamis (17/02/2022).

 

Dia menjelaskan, bahwa merawat jagat atau dunia dilakukan dengan mempertimbangkan tumbuhkembang dunia bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan upaya khusus dengan melibatkan berbagai unsur untuk memastikan peradaban dunia terbangun ke arah yang lebih baik.

 

“Dibutuhkan pembaharuan teknologi, kearifan lokal dan sikap toleransi dengan cara-cara yang bermaslahat untuk semua pihak,” papar Jaka.

 

Menurutnya, pembaharuan teknologi,  kearifan lokal dan sikap toleransi telah dilakukan oleh NU dalam merawat jagat untuk membangun peradaban saat ini. Karena menurut Jaka, program organisasi masyarakat terbesar di Indonesia itu selalu mengedepankan nilai-nilai Rahmatan lil Alamin.

 

Cara yang telah dilakukan oleh NU tersebut menjadi contoh dan acuan IPNU Kabupaten Tulungagung dalam merawat jagat membangun peradaban.

 

"Setiap kegiatan, PC IPNU Kabupaten Tulungagung memang selalu memanfaatkan teknologi dan mengikuti tren kekinian. Akan tetapi kegiatan-kegiatan tersebut memiliki konsep budaya tradisional," pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru