• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Kediri Raya

Lakpesdam NU Jatim Bekali Nahdliyin Keterampilan Ekonomi

Lakpesdam NU Jatim Bekali Nahdliyin Keterampilan Ekonomi
Salah satu peserta pelatihan menjahit Lakpesdam NU Jatim guna keterampilan ekonomi. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
Salah satu peserta pelatihan menjahit Lakpesdam NU Jatim guna keterampilan ekonomi. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Nahdlatul Ulama (Lakpesdam NU) Jawa Timur mengadakan motivasi usaha dan berbagai pelatihan, di antaranya pelatihan menjahit dan pembuatan kue. Kegiatan yang bekerja sama dengan Kemenag RI ini dilakukan guna memberikan keterampilan ekonomi untuk warga penghuni Rusunawa Jemundo Sidoarjo.


Pengurus Lakpesdam NU Jatim Ratih Fitri Astuti mengatakan, bahwa kegiatan dimaksud dilakukan selama enam kali pertemuan dan digelar setiap Sabtu dan Ahad. Pada Ahad (19/12/2021) yang merupakan hari terakhir, para peserta memamerkan hasil karyanya berupa baju dan kue yang sudah berhasil dibuat. 


"Alhamdulillah, pelatihan jahit dan membuat kue sudah memasuki hari terakhir dan terlaksana dengan sukses. Saya mengucapkan terima kasih kepada para pelatih yang sudah sabar membimbing dan mengajari peserta," ungkapnya, Ahad (19/12/2021). 


Menurut Ratih, pasca pelatihan ini Lakpesdam NU Jatim berharap kepada para peserta dapat melanjutkan keterampilan menjahit dan membuat kue untuk menambah penghasilan keluarga. 


"Semoga ilmu yang didapat dari pelatihan ini bisa bermanfaat untuk kemandirian ekonomi keluarga ke depan," ungkap Ibu Ratih. 


Sementara itu, Ibu Nur Hasanah yang menjadi salah satu peserta menyampaikan, bahwa para peserta sudah bisa membuat baju dan kue sebab pelatihan ini. Mulai dari membuat pola di kertas, menerapkannya pada kain, hingga jadi baju yang siap pakai. 


Sedangkan untuk kue, para peserta sudah bisa membuat kue seperti bolu pisang, bolu zebra, roti isi, dan juga dimsum. 
 


"Saya mengucapkan terima kasih kepada Lakpesdam NU Jatim dan Kemenag RI yang dalam dua tahun ini konsisten melakukan pendampingan untuk warga yang tinggal di Rusunawa Jemundo, Sidoarjo," ungkapnya.


Kediri Raya Terbaru