• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

Melalui Magang Pendidikan, UNU Blitar Berupaya Cetak Calon Pendidik Adaptif

Melalui Magang Pendidikan, UNU Blitar Berupaya Cetak Calon Pendidik Adaptif
Serah terima Mahasiswa Magang Pendidikan UNU Blitar di MAN 3 Blitar (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Serah terima Mahasiswa Magang Pendidikan UNU Blitar di MAN 3 Blitar (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar terus berupaya untuk mencetak generasi pendidik yang adaptif. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya program magang pendidikan yang dilaksanakan oleh Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sosial (FIPS).


Sekretaris Dekan FIPS sekaligus Ketua Pelaksana magang pendidikan, Siti Rofi’ah menuturkan, magang pendidikan merupakan kegiatan kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing pada satuan pendidikan formal.


Kegiatan ini juga sebagai langkah agar mahasiswa mampu menghadapi perubahan sosial,  budaya pada dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat.


“Oleh karena itu, kompetensi mahasiswa harus disiapkan untuk lebih adaptif dengan kebutuhan zaman, contohnya adaptif terhadap kurikulum merdeka yang sudah dijalankan saat ini,” tuturnya kepada NU Online Jatim, Rabu (21/09/2022).


Rofi’ menambahkan, program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa, utamanya dalam bidang pendidikan untuk turut serta memperdalam ilmunya di sekolah melalui pengajaran real class. 


Dengan demikian diharapkan mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang telah didapatkan di kampus untuk diterapkan pada pembelajaran yang nyata di kelas.


“Maka dari itu, mahasiswa peserta magang pendidikan wajib beradaptasi dengan teknologi, dan administrasi serta kegiatan non akademik dengan baik selama magang di sekolah sasaran. Selain itu, melalui program ini, mahasiswa juga diharapkan mampu membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan di sekolah,” jelasnya.


Ia berharap, dengan adanya program magang pendidikan mahasiswa mampu bersinergi dengan baik bersama pihak sekolah.


Sehingga dapat menambah pengalaman serta referensi kegiatan pengajaran untuk menunjang kesiapan mahasiswa dalam menggapai profil lulusan sebagai pendidik.


Sementara itu, program magang pendidikan tahun ini diikuti oleh 465 mahasiswa yang saat ini sedang menempuh semester tujuh. Mahasiswa tersebut terdiri dari 4 program studi yakni Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Olahraga.


Diketahui, pada program magang pendidikan tahun ini mahasiswa tersebar di 108 sekolah formal tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA dengan jangkauan yang lebih luas, yakni wilayah Blitar Raya dan sekolah di area Jawa Timur yang telah bekerjasama atau bermitra dengan UNU Blitar.


Editor:

Kediri Raya Terbaru