• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Kediri Raya

Relawan Guru Ngaji NU Blitar Diapresiasi Tagana Jatim

Relawan Guru Ngaji NU Blitar Diapresiasi Tagana Jatim
Relawan Guru Ngaji NU Blitar saat membimbing anak-anak terdampak erupsi Semeru mengaji. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Relawan Guru Ngaji NU Blitar saat membimbing anak-anak terdampak erupsi Semeru mengaji. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Nahdlatul Ulama (NU) Peduli Kabupaten Blitar terus berupaya untuk memberikan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru. Salah satunya dengan melakukan koordinasi dengan lembaga sosial milik pemerintah dan swasta guna lancarnya program penanggulangan dampak erupsi Gunung Semeru di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, lebih-lebih dalam hal delegasi relawan guru ngaji.

 

Koordinator Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Taruna Siaga Bencana (Tagana) Jawa Timur, Dwi Adi menuturkan, pihaknya berterima kasih kepada NU Peduli dan warga masyarakat Kabupaten Blitar yang telah mengirimkan delegasi Relawan Guru Ngaji untuk membantu mengkondisikan anak-anak yang terdampak.

 

“Selain itu juga berterima kasih atas bantuan mushaf Al-Quran, alat tulis, dan makanan ringan yang mendukung kegiatan LDP,” ujarnya, Kamis (06/01/2022).

 

Menurutnya, yang dilakukan NU Peduli Blitar memberikan warna baru dalam penanganan korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Sekaligus mengkondisikan anak-anak agar tetap beribadah dan mengaji di tengah bencana.

 

“Ini merupakan warna baru dalam penanganan korban terdampak bencana. Serta agar anak-anak tetap terjaga untuk ibadah dan mengaji walaupun dalam kondisi bencana,” tuturnya.

 

Sementara Wakil Ketua Pengurus Cabang  (PCNU) Kabupaten Blitar, Samsul Hadi mengungkapkan, kegiatan ini tidak lepas dari sinergitas Badan Otonom (Banom) serta lembaga NU Kabupaten Blitar yang telah membantu suksesnya program ini.

 

“Program Relawan Guru Ngaji ini sangat bermakna, sebab yang dibutuhkan para korban tidak hanya bantuan secara fisik saja, tetapi juga membutuhkan bantuan spiritual,” ungkapnya.

 

Ia juga berterima kasih kepada Tim Tagana, baik dari Kabupaten Blitar ataupun Jawa Timur yang sudah bekerja sama dengan baik dan memberikan pendidikan serta pelajaran bagi Relawan Guru Ngaji NU Peduli Kabupaten Blitar. 

 

“Sehingga NU Peduli lebih sigap dan mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan saat terjadi bencana,” terangnya.

 

Pihaknya berharap, agar hal-hal yang telah dilakukan memberikan pelajaran bagi kita semuanya, bahwa dermawan itu mesti dilakukan. Namun demikian, sikap dermawan tersebut harus disertai dengan kewaspadaan dan kecerdikan. 

 

“Karena jika tidak seperti itu, maka akan timbul bencana yang lain, yaitu bencana sosial,” pungkasnya.

  

Dalam rangka menyukseskan program Relawan Guru Ngaji NU Peduli Kabupaten Blitar mengajak relawan lain untuk bergabung, dan mengajak para donatur untuk menyisihkan harta melalui platform Kita Bisa dengan link https://kitabisa.com/336863 atau melalui :
Bank BNI 1421579999 a.n NU Care Lazisnu Kab. Blitar
Bank BRI 000901003116307 a.n Infaq Lazisnu Kab. Blitar
Bank Jatim Infaq 6152005797, Zakat 6152006799
Bank Muamalat Infaq 7450099999, Zakat 7450088888


Kediri Raya Terbaru