• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

Ribuan Guru di Blitar Ikuti Apel Akbar Peringati Harlah Ke-93 LP Ma’arif NU

Ribuan Guru di Blitar Ikuti Apel Akbar Peringati Harlah Ke-93 LP Ma’arif NU
Suasana apel akbar peringati Harlah ke-93 LP Ma'arif NU di Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Suasana apel akbar peringati Harlah ke-93 LP Ma'arif NU di Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Blitar menggelar Apel Akbar dalam rangka memperingati Puncak Hari Lahir (Harlah) ke-93 LP Ma’arif NU. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, Senin (19/09/2022).


Bahrudin selaku Ketua Panitia mengungkapkan, LP Ma’arif NU merupakan salah satu lembaga di bawah naungan NU yang memiliki peran penting dalam menyebarkan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah di lingkungan sekolah. Selain itu, merupakan tempat strategis untuk mencetak kader-kader NU sejak dini.


“Oleh karena itu, momentum Harlah ini dijadikan sebagai ajang untuk memperkuat silaturahim antar lembaga, guru, siswa, dan santri yang ada di bawah naungan LP Ma’arif se-Kabupaten Blitar untuk bergerak, bangkit, dan bermartabat bersama,” ungkapnya.


Dirinya menambahkan, sebelumnya LP Ma’arif NU Kabupaten Blitar menggelar berbagai rangkaian kegiatan. Di antaranya, Pekan Olahraga Guru Ma’arif (Perguma), Kompetisi Inovasi Pembelajaran (Inobel) guru LP Ma’arif NU, lomba adzan dan iqomah, serta mars untuk santri Madrasah Diniyah (Madin) serta TPQ se Kabupaten Blitar.


“Berbagai rangkaian acara tersebut bertujuan untuk penguatan serta meningkatkan kompetensi sesuai dengan minat dan bakat masing-masing,” tuturnya.

 

Disebutkan, pada momentum Harlah ini juga dilaksanakan peresmian Gedung LP Ma’arif NU Kabupaten Blitar. Gedung tersebut menghabiskan dana Rp1,9 miliar yang murni berasal dari jariyah LP Ma’arif NU se-Kabupaten Blitar.


Diketahui, apel akbar yang diikuti 3000 lebih peserta itu dihadiri oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Azizi Hasbullah, Ketua PBNU sekaligus Rektor UNU Blitar Prof Mohammad Mukri, dan Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.


Hadir pula Rais PCNU Kabupaten Blitar KH Ardani Ahmad, Ketua PCNU KH Masda’in Rifai Ahyad, Prof Achmad Sodiki, serta pengurus lembaga dan badan otonom (Banom) NU di Kabupaten Blitar.


Kediri Raya Terbaru