• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Kediri Raya

Selain Tebuireng, 5000 Santri Lirboyo Juga Divaksin

Selain Tebuireng, 5000 Santri Lirboyo Juga Divaksin
Vaksinasi di Pesantren Lirboyo oleh ISNU Jatim, Rabu (25/08/2021). (Foto: NOJ/S)
Vaksinasi di Pesantren Lirboyo oleh ISNU Jatim, Rabu (25/08/2021). (Foto: NOJ/S)

Kediri, NU Online Jatim  

Selain ribuan santri di Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, ribuan santri di Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, juga disuntik vaksin pada Rabu (25/08/2021) ini. Penyelenggara vaksinasi di Lirboyo ialah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur bekerja sama dengan Asosiasi Rumah Sakit NU, Lembaga Kesehatan NU, dan Persatuan Dokter NU setempat.

 

Ketua Pengurus Wilayah ISNU Jatim Mas’ud Said mengatakan, sebanyak 5.000 santri yang disuntik vaksin di Pesantren Lirboyo. Mereka divaksin dengan Sinovac. Ia menjelaskan, vaksinasi dilakukan untuk membantu pemerintah mencapai target kekebalan kelompok atau herd immunity.

 

Mas’ud menjelaskan, sebagai sesama  manusia, agama mengajarkan agar setiap orang bisa memberikan kemanfaatan kepada orang lain. Dengan upaya vaksinasi massal kepada santri, ia berharap agar semua kalangan di Jawa Timur lebih cepat mencapai herd immunity. Jika semua pihak bersama-sama melakukan vaksinasi, maka Jawa Timur akan lebih cepat keluar dari pandemi.

 

“ISNU sebagai bagian dari masyarakat dituntut juga untuk memberikan manfaat. Saya kira semua kitab mengajarkan kemanfaatan manusia kepada manusia yang lain. Ikhtiar ini dilakukan agar herd immunity bisa tercapai secara bersamaan dan secepatnya,” ujar Direktur Pascasarjana Universitas Islam Malang itu.

 

Pengasuh Pesantren Lirboyo KH Adibussholeh Anwar alias Gus Adib berharap agar virus Covid-19 segera bisa dilenyapkan dengan segala ikhtiar yang dilakukan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kekebalan melalui vaksinasi.

 

“Kita bersama-sama menyukseskan program pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19. Semoga nanti akan tercapai herd immunity dan bisa beraktivitas sebagaimana biasa dan ekonomi bisa berjalan normal,” pungkas putera KH Anwar Manshur itu.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru