• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 28 Mei 2022

Kediri Raya

Wadahi Bakat Anak Didik, KKMI di Blitar Adakan Porseni

Wadahi Bakat Anak Didik, KKMI di Blitar Adakan Porseni
Pembukaan Porseni yang diadakan oleh KKMI Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Pembukaan Porseni yang diadakan oleh KKMI Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Blitar, NU Online Jatim

Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Selorejo, Blitar menggelar Pekan Olahraga dan Seni (Porseni). Kegiatan bertajuk 'Sportif, Kerja Keras, Mandiri, dan Inovatif' ini dipusatkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 01 Blitar, Desa Olak Alen, Kecamatan Selorejo, Kabupaten Blitar, Sabtu (20/11/2021).

 

Kegiatan dibuka langsung oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kecamatan Selorejo Muhtarom. Hadir dalam kegiatan ini jajaran guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kecamatan Selorejo.

 

Ketua Pelaksana Porseni MI 2021, Tamanuri mengatakan, Porseni merupakan wadah untuk menyalurkan bakat yang dimiliki anak didik. Selain itu, juga untuk membentuk pribadi anak didik yang berilmu pengetahuan, berjiwa seni, dan sportif.

 

“Ini merupakan ajang pencarian bakat dan jati diri siswa agar terbentuk karakter yang tangguh,” ujarnya.

 

Pria yang juga Kepala MIN 01 Blitar itu menyebutkan, bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut guna mengoptimalkan potensi anak didik di tingkat MI, baik soal seni maupun olahraga lainnya, khususnya di masa pandemi Covid-19.

 

"Karena generasi muda harus cerdas, tanggap, serta sportif. Mari kita sukseskan ajang ini dengan penuh sinergitas dan sportifitas," ajaknya.

 

Disebutkan, bahwa anak didik yang juara akan digembleng kembali sebagai persiapan pada kompetisi serupa di tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan pada Desember mendatang.

 

“Mereka yang juara 1 dan 2 akan digodok lagi secara lebih matang, karena nantinya mereka akan diikutkan dalam ajang serupa di tingkat kabupaten," imbuhnya.

 

Diketahui, ada 13 cabang olahraga yang dilombakan dalam kegiatan  ini. Meliputi badminton, tenis meja, lari, menyanyi, melukis, dan puisi. Selain itu, ada pula pidato tiga bahasa, tahfidz Al-Qur'an, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ), serta kaligrafi.

 

 

Kompetisi tersebut diikuti kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari murid MI se-Kecamatan Selorejo. Peserta yang juara nantinya akan mendapatkan tropi kejuaraan, piagam penghargaan, dan uang pembinaan.


Kediri Raya Terbaru