• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Porseni MA Kabupaten Lumajang Diikuti Ratusan Peserta

Porseni MA Kabupaten Lumajang Diikuti Ratusan Peserta
Edi Nanang Sofyan Hadi selaku Ketua KKMA Kabupaten Lumajang saat memberikan piala Juara 1 Fahmil Qur'an di acara Porseni MA 2021. Rabu sore (17/11/2021). (Foto: NOJ/Imam Malik Hakim)
Edi Nanang Sofyan Hadi selaku Ketua KKMA Kabupaten Lumajang saat memberikan piala Juara 1 Fahmil Qur'an di acara Porseni MA 2021. Rabu sore (17/11/2021). (Foto: NOJ/Imam Malik Hakim)

Lumajang, NU Online Jatim

Porseni atau Pekan Olahraga dan Seni yang diadakan oleh Kemenetrian Agama Kabupaten Lumajang pada Rabu (17/11/2021) dilaksanakan di Islamic Centre Madrasah Aliyah Negeri Lumajang dengan menghadirkan semua Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Lumajang. Dengan memperlombakan dua cabang perlombaan yang diikuti oleh 72 MA se-Kabupaten Lumajang diikuti kurang lebih 874 peserta.

 

“Kegiatan pada hari ini adalah Porseni MA Tingkat Kabupaten Lumajang tahun 2021. Ada dua cabang perlombaan yakni olahraga meliputi lomba bulu tangkis, lomba tenis meja, lomba catur, pencak silat. Dan seni meliputi fahmil qur’an, mtq, pidato bahasa arab, pidato bahasa inggris, desain grafis,” kata Edi Nanang Sofyan Hadi, Ketua KKMA Kabupaten Lumajang.

 

Kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kemenag Lumajang yakni H Muhammad Muslim dan jajaran Kasi Kemenag serta didampingi pengawas MA se-Kabupaten Lumajang. Edi berharap, kegiatan ini bisa melahirkan prestasi yang unggul pada setiap peserta yang kemudian akan dipersiapkan terhadap lomba tingkat provinsi tahun depan.

 

“Kami berharap bisa mencetak generasi unggulan dan kami mengambil yang bisa juara 1 atau juara umum untuk nanti dikirim pada Porseni Jatim tahun depan yang Insyaallah akan dilaksanakan tanggal 22 Februari 2022,” tambahnya.

 

Edi mengungkapkan, MA negeri maupun swasta sangat antusias dan semangat mengikuti kegiatan Porseni ini.

 

“Terbukti dari peserta yang mendaftar merata dari seluruh MA negeri dan swasta se-Kabupaten Lumajang,” ungkapnya.

 

Dirinya menjelaskan, rata-rata peserta dari MA pondok pesantren memgikuti cabang lomba MTQ dan fahmil Qur’an.

 

“Memang setiap MA tidak mengikuti semua cabang lomba, namun mereka menyesuaikan dengan potensi MA masing-masing. Misalnya yang dari pondok pesantren, rata-rata mereka mngikuti MTQ dan fahmil Qur’an,” jelasnya.

 

Terkait juri, Edi menuturkan bahwa ddidatangkan dari luar daerah. Sehingga diharapkan bisa profesional dalam menilai peserta.

 

“Kami dari awal sudah menghadirkan juri-Juri yang profesional agar bisa melahirkan juara-juara baru untuk kami persiapkan pada Porseni tingkat Provinsi Jatim tahun depan yakni 2022,” pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru