• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 Februari 2024

Keislaman

Agar Pekerjaan Berkah, Bacalah Bismillah

Agar Pekerjaan Berkah, Bacalah Bismillah
Memulai segala aktivitas dengan membaca bismillah (Foto:NOJ/pinterest)
Memulai segala aktivitas dengan membaca bismillah (Foto:NOJ/pinterest)

Memasuki hari efektif tentu banyak orang yang mempersiapkan diri untuk melakukan sejumlah kegiatan harian, sehingga saat berangkat kerja mereka dalam kondisi siap beraktivitas. Namun tidak jarang yang melupakan tuntunan Rasulullah bagi mereka yang akan memulai kegiatan maupun beraktivitas.


Dalam salah satu hadis disebutkan:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:  كُلُّ أَمْرٍ ذِي بَالٍ لَا يُبْدَأُ فِيهِ بِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ أَقْطَعُ


Artinya: Diriwayatkan Abu Hurairah, ia berkata, Rasulullah bersabda, segala perbuatan baik yang tidak diawali dengan membaca bismillah itu terputus (Jami’ li akhlaq Rawi, Khatib Baghdadi)


Redaksi أَقْطَعُ disini dijelaskan dalam mukaddimah Jauharat Tauhid maksudnya terputus keberkahannya, atau sedikit barokahnya. Membaca basmalah adalah hal yang sangat dianjurkan bila hendak melakukan perbuatan baik. 


Begitu pula sebaliknya, jika meninggalkan membaca basmalah di awal perbuatan baik, maka bisa mengurangi keberkahan perbuatan tersebut. Berbeda jika melakukan perbuatan makruh atau munkar dilarang untuk membaca bismillah.


Menurut KH. Soleh Darat dalam kitab Minhajul Atqiya’ secara tegas melarang keras bagi siapapun yang melakukan perbuatan makruh, misalnya merokok untuk membaca bismillah. Ini menunjukkan bahwa bacaan bismillah tidak pantas bila disandingkan dengan perbuatan makruh.


Betapa mulianya bacaan bismillah ini hingga dikisahkan dalam kitab Nawadir:


ان امراة كان لها زوج منافق وكانت تقول على كل شيئ من قول او فعل باسم الله ,فقال زوجها لافعلن مااخجلها به فدفع اليها صرة وقال لها : احفظيها , فوضعتها في محل وغطتها فغافلها واخد الصرة واخد ما فيها ورماها في بئر في داره , ثم طلبهامنها, فجاءت الى محلها وقالت باسم الله , فامرالله تعالى جبريل ان ينزل سريعاو يعيد الصرة الى مكانها فوضعت يدها لتاءخذها فوجد تها كما وضعتها , فتعجب زوجها وتاب الى الله تعالى


Artinya: Sesungguhnya ada seorang istri yang dalam setiap perkataan dan perbuatannya selalu diawali dengan mengucapkan bismillah, mempunyai suami munafik. Suatu saat, suami itu berkata: aku akan melakukan sesuatu yang membuat isteriku melupakan kalimat (bismillah) yang selalu diucapkannya itu.


Kemudian suami itu memberikan sebuah kotak kepada isterinya sembari berkata: simpanlah kotak ini, lalu isterinya mengambil dan meletakkan kotak itu di suatu tempat serta menutupnya dengan rapi.


Lantas suami munafik itu mengambil kotak tersebut dan mengambil isinya, lalu membuang isinya ke dalam sumur rumahnya. Kemudian suami munafik itu berpura-pura mencari kotak itu dan menanyakan kepada isterinya , sang isteri bergegas menuju tempat dimana ia menyimpannya semula.


Ketika hendak mengambil kotak itu, si istri mengucapkan bismillah, maka Allah memerintahkan Malaikat Jibril untuk segera turun dan mengambil kotak yang ada di dalam sumur itu serta mengembalikannya ke tempat semula.

Kemudian si isteri mengulurkan tangannya ke tempat penyimpanan kotak itu , ia pun langsung berhasil meraih kotak itu dan menyerahkan kepada suaminya. Maka takjublah suami munafik itu dan seketika itu ia langsung bertaubat kepada Allah.


Dari kisah di atas dapat diambil sebuah pelajaran bahwa membaca bismillah akan mendatangkan keberkahan, dan bahkan menjadi penyebab seseorang bertaubat. Oleh karena itu, sangat tepat bila akan memulai segala aktivitas harian, sebaiknya didahului dengan membaca bismillah.


Editor:

Keislaman Terbaru