• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Keislaman

Berikut Doa akan Minum Air Zamzam

Berikut Doa akan Minum Air Zamzam
Salah seorang jamaah haji yang sedang mengambil air Zamzam (Foto:NOJ/IPHI)
Salah seorang jamaah haji yang sedang mengambil air Zamzam (Foto:NOJ/IPHI)

Zamzam berasal dari bahasa Arab yang bermakna melimpah atau yang berkumpul banyak. Mendengar nama zamzam seringkali merujuk pada sumber mata air yang memancar akibat injakan Nabi Ismail saat bayi. Mata air tersebut berada di sekitar Ka’bah dan tidak pernah kering sekaligus menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat sekitarnya.


Terlebih memasuki musim haji, para Jamaah haji meminum sepuasnya. Akan tetapi tidak jarang mereka lupa dengan doa ketika meminum air Zamzam. Padahal air Zamzam mengandung banyak khasiat dan keistimewaan.


Dalam salah satu hadits disebutkan:


عن رسول الله صلى الله عليه وسلم أنه قال : ماء زمزم لما شرب له (رواه أحمد والحاكم والدارقطني عن ابن عباس، وأحمد عن جابر)


Artinya: Diriwayatkan dari Rasulullah bahwa sesungguhnya beliau bersabda : Air zamzam diminum bermanfaat sesuai tujuan diminumnya. (HR. Ahmad, Al-Hakim dan Ad-Daruquthniy dari Ibnu 'Abbas dan Ahmad dari Jabir)


Sedangkan doa yang dibaca ketika akan minum air Zamzam adalah sebagai berikut:


عَنْ عِكْرِمَةَ , قَالَ كَانَ ابْنُ عَبَّاسٍ " إِذَا شَرِبَ مِنْ زَمْزَمَ , قَالَ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَاءً مِنْ كُلِّ دَاءٍ 


Artinya: Dari Ikrimah. dia berkata. Ibnu Abbas ketika minum air Zamzam pernah berdoa:
Allahumma inni as’aluka ilman nafi’a wa rizqan wasi’a wa syifaan min kulli da’in,
Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepada-Mu ilmu yang bermanfaat. rezeki yang luas dan kesembuhan dari segala penyakit
(Sunan Daruqutni, 2712)


Dari keterangan redaksi di atas, bisa disimpulkan bahwa dengan perantara meminum air Zamzam sesuai izin Allah, seseorang akan mudah mendapatkan ilmu manfaat,  rezeki lancar, dan menyembuhkan penyakit.


Salah seorang peneliti bernama Masaru Emoto dalam bukunya berjudul The True Power of Water, mengungkapkan bahwa air Zamzam yang dikonsumsi masyarakat selama 4000 tahun lebih ini memiliki molekul yang beraturan, dan tidak ditemukan pada air lain.


Maka tidak heran apabila di kemudian hari, ada yang meyakini bahwa air Zamzam bisa mengenyangkan, dan membuat otak menjadi cerdas, pandai. Ada pula yang meyakini bahwa dengan meminum air Zamzam maka akan mudah menghafal, terutama materi pelajaran atau Al-Quran.


Dari sini pula mengapa umat Islam sangat tertarik untuk meminum air Zamzam. Bahkan mereka yang pulang dari Tanah Suci yang ditunggu adalah oleh-oleh berupa air Zamzam. Wallahu ‘alam


Editor:

Keislaman Terbaru