• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Keislaman

Doa Akhir Pekan agar Terhindar dari Bencana

Doa Akhir Pekan agar Terhindar dari Bencana
Doa selamat lawan tolak bala sangat dianjurkan untuk sering dibaca. (Foto: NOJ/LHi)
Doa selamat lawan tolak bala sangat dianjurkan untuk sering dibaca. (Foto: NOJ/LHi)

Saat ini umat Islam dan bangsa Indonesia sedang diuji dengan wabah virus Corona. Kendati telah berlangsung dua tahun, namun belum tampak tanda bahwa pandemi akan segera berakhir.

 

Masyarakat juga semakin terbebani lantaran sejumlah aktivitas terhalang imbas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM. Dengan demikian, tidak banyak sektor ekonomi yang dapat digarap karena beragam pembatasan.

 

Dalam suasana seperti ini, diharapkan masyarakat tetap patuh dengan anjuran yang ada. Baik dengan mengurangi kegiatan di luar, mengenakan masker, menjaga jarak, kerap mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga pola hidup sehat.

 

Yang juga tidak kalah penting adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan memperbanyak doa dan permohonan ampun.

 

Salah satu lafal yang disarankan adalah doa selamat lawan tolak bala. Lafal doa ini berisi permohonan keselamatan kepada Allah dari berbagai bencana dan ujian di dunia, serta siksa di akhirat. 

 

Doa ini sering kita dengar dari orang-orang tua seusai shalat di mushala dan di masjid atau pada pembacaan tahlil.


   اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ  

 

Artikel diambil dariDoa Selamat dan Tolak Bala

 

Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn. 

 

Artinya: Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat Yang Maha Pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam. (Lihat Perukunan Melayu, [Jakarta, Alaydrus: tanpa tahun], halaman: 55-56).   

 

Lafal doa ini dapat dibaca pada setiap selesai shalat lima waktu, utamanya saat akhir pekan yang biasanya diisi dengan kegiatan pelesir dan silaturahim. 


Editor:

Keislaman Terbaru