• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Keislaman

Hikmah Bersuci Sebelum Ibadah

Hikmah Bersuci Sebelum Ibadah
Wudhu menjadi syarat utama sebelum melakukan ibadah shalat (Foto:NOJ/umroh.com)
Wudhu menjadi syarat utama sebelum melakukan ibadah shalat (Foto:NOJ/umroh.com)

Allah SWT mensyariatkan wudhu dan mandi besar sebelum melaksanakan ibadah dengan tujuan agar kita semua bebas dari kotoran dan najis ketika melaksanakan ritual Ibadah.


Membersihkan diri secara dzahir dari kotoran dan najis adalah langkah awal dalam membersihkan kotoran dan najis dari batin dan jiwa kita berupa hasud, dengki, iri, dendam dan sifat yang tercela lainnya. Rasulullah SAW bersabda : 


مفتاح الصلاة الطهور 


Artinya: pintu shalat adalah bersuci


Bersuci adalah hal mendasar  yang harus  diperkenalkan sejak dini kepada anak kita, agar tetap istiqamah pada jalan yang diridhai oleh Allah SWT dengan tetap pada nafsu malakiyah.


Karena pada hakikatnya manusia terdapat dua nafsu yang tidak bisa terlepas dari salah satunya:


Pertama, nafsu hewani yakni nafsu yang berorientasi pada sifat-sifat kehewanan karena melanggar pada norma agama. 


Kedua, nafsu malakiyah yakni nafsu yang berorientasi pada sifat-sifat malaikat yang suci dan penuh dengan kebaikan. (Hikmat Al Tasyri' wafalsafatihi, Ali Al Jurjawi, Hlm 91)


Menyucikan diri merupakan upaya mempertahankan nafsu malakiyah agar tetap menjadi teman dalam menjalankan aktifitas peribadatan sehingga menjadi nyaman dan bersemangat.


Para ulama pun tatkala mengajar ngaji kepada para santrinya seringkali kita dengar agar semua santri bersih, sudah mandi, bahkan menggunakan wewangian untuk pakaian sehingga aktifitas belajar mengajar pun menjadi lebih nyaman, Rasulullah SAW bersabda: 


الطهور نصف الايمان 


Artinya: bersuci adalah separuh dari Iman.


Selain sebagai langkah awal dalam menyucikan batin dan jiwa, bersuci merupakan wujud syukur kepada Allah SWT atas nikmat sholat kepada kita, bersesuci juga merupakan upaya menyucikan anggota badan yang selalu berbuat salah dan pelebur noda-noda dosa. 


Keislaman Terbaru