• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Keislaman

Mengapa Shalat Tarawih Sering Membaca Surat Al-Ikhlas? Berikut Uraiannya

Mengapa Shalat Tarawih Sering Membaca Surat Al-Ikhlas? Berikut Uraiannya
Selain memiliki banyak keistimewaan, surat Al-Ikhlas memiliki kandungan makna terkait ketauhidan (Foto: NOJ/NU Network)
Selain memiliki banyak keistimewaan, surat Al-Ikhlas memiliki kandungan makna terkait ketauhidan (Foto: NOJ/NU Network)

Membincangkan surat Al-Ikhlas mengingatkan kisah sahabat Bilal bin Rabah yang disiksa oleh majikannya karena membaca kalimat syahadat. Surat Al-Ikhlas ini juga menjadi salah satu surat favorit yang sering dibaca dalam beberapa amaliah NU. 
 

Surat yang populer dengan sebutan 'qul hu' ini semakin sering dibaca ketika memasuki bulan Ramadhan. Terbukti dalam shalat tarawih surat qul hu ini dibaca pada rakaat kedua, hingga masuk shalat witir.


Surat ini adalah surat ke-112 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 4 ayat dan tergolong surat Makkiyah. Menurut beberapa peneliti, ahli hadits dan ahlul ilmi, bahwa surat Al-Ikhlas sebanding dengan sepertiga Al-Qur’an. 
 

إِنِّيْ قَدْ قُلْتُ لَكُمْ إِنِّيْ سَأَقْرَأُ عَلَيْكُمْ ثُلُثَ الْقُرآنِ, وَإِنَّهَاتُعْدِلُ ثُلُثَ الْقُرآنِ
 

Artinya: Sudah kukatakan kepada kalian bahwa aku akan membacakan kepada kalian sepertiga Al-Qur'an dan sesungguhnya ia (Al-Ikhlas) sebanding dengan sepertiga Al-Qur'an. (HR. Ahmad: II/429 dan Muslim: VI/94).
 

Mu'az bin Anas meriwayatkan bahwa Nabi bersabda:
 

عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ الْجُهَنِيِّ عَنْ أَبِيهِ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ الْجُهَنِيِّ صَاحِبِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَرَأَ قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ حَتَّى يَخْتِمَهَا عَشْرَ مَرَّاتٍ بَنَى اللَّهُ لَهُ قَصْرًا فِي الْجَنَّةِ 
 

Artinya: Barang siapa yang membaca qul huwallahu ahad hingga selesai sebanyak sepuluh kali, maka akan membangunkan untuknya sebuah istana di surga. (Musnad Ahmad)
 

Riwayat lain menyatakan bahwa barang siapa yang istikamah membaca Al-Ikhlas, maka pembacanya ketika meninggal dishalati oleh malaikat. Seperti kisah jenazah Mu'awiyah bin Mu'awiyah al-Mazani yang dishalati oleh malaikat Jibril dan tujuh puluh ribu malaikat. Sebagaimana Ath-Thabrani, Mu'awiyah biasa membaca Qul huwallahu ahad ketika berdiri, duduk, menaiki kendaraan dan ketika berjalan. ​​
 

Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda:
 

مَنْ قَرَأَ "قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ" خَمْسِيْنَ مَرَّةً غَفَرَ اللهُ لَهُ ذُنُوْبَ خَمْسِيْنَ سَنَةً
 

Artinya: Barang siapa yang membaca qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas) sebanyak lima puluh kali, Allah akan mengampuni dosa-dosa yang ada di sepanjang lima puluh tahun. (HR. Ad-Darimi: II/461).
 

Sedangkan riwayat lain menyebutkan:

مَنْ قَرَأَ "قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدُ" مِائَتَيْ مَرَّةٍ غُفِرَلَهُ دَنْبُ مِائَتَيْ سَنَةٍ 


Artinya: Barang siapa yang membaca qul huwallahu ahad (Al-Ikhlas) dua ratus kali, akan diampuni dosa-dosanya yang ada di sepanjang dua ratus tahun. (HR. Al-Baihaqi: I/378)
 

Tidak cukup itu saja, siapa saja yang berdoa menggunakan surat al-ikhlas, maka permintaannya akan mudah dikabulkan Allah.  Tentunya Allah menyukainya dan menjanjikan surga. 
 

إِنَّ حُبَّهَا أَدْخَلَكَ الْجَنَّةَ
 

Artinya: Sungguh, kecintaan terhadap surat itu pasti akan memasukkanmu ke dalam surga. (HR. At-Tirmidzi: V/169, 170)
 

Dari penjelasan di atas, keutamaan surat Al-Ikhlas, yaitu:
 

1. Allah SWT menyukai orang yang membacanya. 
 

2. Jika dibaca sepuluh kali, maka Allah SWT akan membuatkan istana di surga. 
 

3. Membaca surat Al-Ikhlas sebanding dengan membaca sepertiga Al-Qur'an

 

Oleh karena itu, tidak mengherankan bila memasuki bulan Ramadhan, khususnya ketika shalat tarawih porsi membaca surat Al-Ikhlas sangat dominan, Tentu masih banyak beberapa keutamaan yang belum terurai, apalagi surat ini berkenaan dengan ketauhidan. Dari sini surat Al-Ikhlas mendapat perhatian khusus di kalangan Nahdliyin dalam shalat sunnah lainnya.


Keislaman Terbaru