• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Keislaman

Pakaian Terbaik yang Dikenakan saat Masuk Masjid

Pakaian Terbaik yang Dikenakan saat Masuk Masjid
Ilustrasi jamaah berpakaian putih ketika di masjid (Foto:NOJ/inews)
Ilustrasi jamaah berpakaian putih ketika di masjid (Foto:NOJ/inews)

Allah mengkhususkan hari Jumat hanya bagi kaum muslimin dari seluruh kaum dari umat-umat terdahulu. Tentu umat Islam harus memanfaatkan keutamaan hari Jum'at yang memiliki banyak kesunahan seperti mandi sebelum shalat Jum'at dan lain sebagainya.


Akan tetapi masih banyak masyarakat yang jarang mengetahui bahwa ketika akan melakukan shalat Jum'at dianjurkan menggunakan pakaian yang paling baik yang dimiliki, khususnya yang berwarna putih hal ini berdasarkan hadits Nabi:


اِلْبَسُوْا مِنْ ثِيَابِكُمْ اَلْبَيَاضَ فَإِنَّهَا مِنْ خَيْرِ ثِيَابِكُمْ


Artinya : Pakailah pakaian kalian yang berwarna putih. Karena sesungguhnya pakaian putih termasuk pakaian terbaik bagi kalian. (HR. al-Tirmidzi).


Dari hadits tersebut bisa dipahami bahwa ketika akan shalat dianjurkan untuk berpakaian yang rapi, karena itu bentuk akhlak kepada sang pencipta. Bila diibaratkan berpakaian rapi saat menghadap guru atau pejabat, maka tentu saat beribadah kepada Allah harus lebih rapi, khususnya pakaian warna putih, dan memakai wewangian.


Allah SWT berfirman:


يَا بَنِي آدَمَ خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا وَلا تُسْرِفُوا إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِينَ 


Artinya: Hai anak Adam, pakailah pakaian kalian yang indah ketika memasuki masjid, dan makan minumlah, dan jangan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan. (QS. Al A'raf: 31)


Hadits Rasulullah menegaskan:


عَلَيْكُمْ بِالثِّيَابِ الْبَيَاضِ فَالْبَسُوهَا؛ فَإِنَّهَا أَطْهَرُ وَأَطْيَبُ، وَكَفِّنُوا فِيهَا مَوْتَاكُمْ


Artinya: Berpakaian putihlah kalian, kenakanlah selalu, karena sesungguhnya pakaian putih itu lebih cerah dan lebih baik: dan kafankan orang-orang mati menggunakan pakaian putih (HR An Nasai)


Dari sini, dapat disimpulkan bahwa pakaian terbaik yang digunakan ketika akan masuk masjid (apalagi ketika ibadah Jumat) adalah yang berwarna putih. Meskipun memakainya bukan hal yang wajib melainkan sunah, namun pakaian putih merupakan cermin kebersihan, rapi dan keindahan. Apabila tidak memiliki pakaian putih, maka pakaian terbaik yang dimiliki dan dikenakan rapi itu sudah cukup.


Keislaman Terbaru