• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Keislaman

Setiap akan Tidur Rasulullah Membaca Surat Ini

Setiap akan Tidur Rasulullah Membaca Surat Ini
Membaca surat Al-Mulk tiap malam merupakan kebiasaan Nabi Muhammad (Foto:NOJ/learningquran)
Membaca surat Al-Mulk tiap malam merupakan kebiasaan Nabi Muhammad (Foto:NOJ/learningquran)

Surat Al-Mulk adalah surat ke-67 dalam Al-Qur'an yang berdiri dari atas 30 ayat. Surat ini merupakan surat Makkiyah. Masyarakat Nahdliyin mengenal surat Al-Mulk dengan sebutan surat Tabarok.
 

Nabi Muhammad SAW sangat mencintai surat Al-Mulk. Bahkan Nabi tidak tidur sebelum membaca Alif Lam Mim Tanzil (As-Sajadah) dan Tabarak (Al-Mulk). Oleh karena itu, Rasulullah mengharap agar surat Al-Mulk berada dalam kalbu setiap mukmin.
 

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda. 
 

إِنَّ سُوْرَةً فِي الْقُرْآنِ ثَلَاثُوْنَ آيَةً شَفَّعْت لِصَاحِبِهَا حَتَّى غُفِرَلَهُ: تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ
 

Artinya: Sesungguhnya sebuah surat dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, dapat memberi syafaat bagi pembacanya hingga dosanya diampuni. Yaitu, surat Tabarakal lafzi bi yadihil mulku (Al-Mulk). (HR. Tirmidzi: V/164)
 

Anas bin Malik berkata, Rasulullah bersabda.
 

سُوْرَةٌ مِنَ الْقُرْآنِ مَاهِيَ إِلَّا ثَلَاثُوْنَ آيَةً خَاصَمَتْ عَنْ صَاحِبِهَا حَتَّى أَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ، وَهِيَ سُوَرَةُ تَبَارَكَ
 

Artinya: Ada sebuah surat dalam Al-Qur'an yang hanya terdiri dari 30 ayat, dapat membela pembacanya hingga memasukkannya ke surga, yaitu surat Tabarak. (HR. Ath-Thabrani: I/176)
 

Memang setiap surat dalam al-Qur'an memiliki banyak keistimewaan, akan tetapi salah satu surat yang menjadi bacaan favorit Nabi Muhammad sebelum tidur adalah surat Al-Mulk. Sebab dari keterangan di atas dapat ditarik kesimpulan, bahwa fadilah bagi pembaca surat Al-Mulk antara lain.
 

1. Diberikan keselamatan azab kubur. 
 

2. Diberikan syafaat sampai diampuni dosanya. 
 

3. Dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga


Keislaman Terbaru