• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Mei 2024

Madura

Ansor Jatim Gelar Bimtek E-Akreditasi di Bangkalan Jelang Konferwil

Ansor Jatim Gelar Bimtek E-Akreditasi di Bangkalan Jelang Konferwil
Bimbingan teknis akreditasi Ansor se-Madura Raya dan Surabaya di Ma'had Aly Nurul Cholil Bangkalan. (Foto: NOJ/Ryan Syarif Hidayatullah)
Bimbingan teknis akreditasi Ansor se-Madura Raya dan Surabaya di Ma'had Aly Nurul Cholil Bangkalan. (Foto: NOJ/Ryan Syarif Hidayatullah)

Bangkalan, NU Online Jatim

Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jawa Timur menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) E-Akreditasi di Ma'had Aly Nurul Cholil Bangkalan, Ahad (12/05/2024).


Bimtek akreditasi ini diikuti oleh Ketua, Sekretaris, Tim Assesor Pimpinan Cabang Ansor Se-Madura Raya dan Surabaya dengan tujuan untuk mempermudah pelaksanaan akreditasi Ansor mulai dari tingkatan ranting sampai cabang se-Jawa Timur.


"Bimtek E-Akreditasi ini bagian dari rangkaian Konferensi Wilayah (Konfewil) PW GP Ansor Jawa Timur ke-15 yang dibagi beberapa zona. Sebelumnya telah dilaksanakan di zona metropolis Tuban, dan terakhir di zona Madura dan Surabaya yang digelar di Bangkalan," ujar Harun Prasetyo, Ketua Assesor PW Ansor Jawa Timur saat dihubungi NU Online Jatim melalui sambungan WhatsApp.


Dirinya mengatakan, selama ini akreditasi dilaksanakan secara langsung, bisa saja assesornya turun langsung ke kabupaten, kecamatan atau sebaliknya yang mengajukan akreditasi diminta untuk datang langsung ke Surabaya.


"Sebagai bentuk pelayanan dan adopsi kecanggihan teknologi, kita menginginkan akreditasi hemat waktu juga efektif dengan dilaksanakan menggunakan aplikasi E-Akreditasi. Jadi untuk mempermudah dalam meningkatkan kualitas tata kelola GP Ansor," terangnya.


Guz Harun sapaan akrabnya mengungkapkan, pengarahan dan bimbingan dalam menjalankan E-Akreditasi sangat penting, mengingat tidak semua paham tata cara mengakses dan menggunakan Aplikasi E-Akreditasi.


"Poin utamanya adalah simulasi E-Akreditasi, bagaimana tata cara melaksanakan akreditasi secara digital dengan menggunakan aplikasi," ungkapnya.


Dirinya menyebut, aplikasi E-Akreditasi hanya dimiliki oleh PW Ansor Jawa Timur. Menurutnya, E-Akreditasi menjadi satu-satunya di Indonesia yang dirilis untuk menyiapkan akreditasi berbasis digital.


"Aplikasinya berbasis website yang bisa diakses di google, terdapat username berserta password. Itu bisa dimiliki oleh Ansor yang sudah mengajukan surat akreditasi ke PW," paparnya.


Guz Harun berharap, Bimtek ini dapat memberikan pemahaman untuk menjadikan Ansor organisasi yang bagus, organisasi yang menjadi tumpuan bagi masa depan jamiyah NU, maka perlu menyiapkan tata kelola organisasi yang lebih baik melalui akreditasi.


"Dari aplikasi E-Akreditasi diharapkan teman-teman mendapatkan kemudahan dalam menjalankan akreditasi. Karena akreditasi tidak hanya sebatas menentukan standarisasi organisasi, tapi juga dalam rangka mendisiplinkan teman-teman dalam mengelola dan menata administrasi organisasi," pungkasnya.


Madura Terbaru