• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Maret 2024

Madura

Fatayat NU Sumenep Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina

Fatayat NU Sumenep Salurkan Bantuan Kemanusiaan untuk Rakyat Palestina
Penyerahan sumbangan 34 juta dari Fatayat NU Sumenep Kepada Ketua LAZISNU Sumenep. (Foto: NOJ/Deki)
Penyerahan sumbangan 34 juta dari Fatayat NU Sumenep Kepada Ketua LAZISNU Sumenep. (Foto: NOJ/Deki)

Sumenep, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Sumenep sumbang dana Rp34.237.000 untuk Palestina. Dana tersebut diserahkan langsung melalui NU Care-Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep. Acara penyerahan berlangsung di kantor PCNU setempat, Senin (06/11/2023).

 

Pengurus Bidang Sosial Budaya PC Fatayat NU Sumenep, Siti Aida Azizah mengatakan bahwa bantuan tersebut sebagai salah satu ikhtiar solidaritas kemanusiaan untuk rakyat Palestina. Adapun dana yang dihimpun berasal dari iuran sesama pengurus. Baik di internal Pimpinan Cabang maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat NU se-Kabupaten Sumenep. 

 

"Ikhtiar kami Fatayat NU Sumenep untuk saudara-saudara di Palestina yang tengah memperjuangkan kebenaran," katanya kepada NU Online Jatim.

 

Ketua NU Care-LAZISNU Sumenep, A Quraysi Makki mengatakan bahwa donasi akan terus berlanjut hingga Sabtu, 11 November 2023. Per hari ini, total donasi yang terkumpul berjumlah Rp62.194.000. Dana tersebut merupakan akumulasi dari yang disalurkan via rekening maupun cash. 

 

"Jumlah tersebut akan terus bertambah seiring meningkatnya donasi yang masuk dari berbagai instansi," ungkapnya. 

 

Quraysi menambahkan, bahwa donasi yang terkumpul nantinya akan diserahkan kepada NU Care-LAZISNU Jawa Timur. Selain itu, pada pertemuan rutin Bahtsul Masail PCNU Sumenep di MWCNU Giliraja pekan depan akan dilaksanakan doa bersama untuk rakyat Palestina dan para donatur. 

 

"Dana ini akan diserahkan secara kolektif dan terkoordinir. Dari LAZISNU PCNU akan diserahkan melalui LAZISNU PWNU diteruskan ke PBNU," lanjutnya. 

 

Ia berharap, donasi yang dikumpulkan itu setidaknya bisa meringankan sedikit beban yang tengah diderita oleh rakyat di Palestina. Serta menjadi bentuk solidaritas dan memupuk kebersamaan dalam bingkai ukhuwah Islamiyah. 

 

"Semoga ini dapat sedikit membasuh luka yang tengah diderita rakyat Palestina. Dan kami berharap konflik ini segera berakhir serta Palestina benar-benar merdeka," ujarnya. 

 

Diketahui, berbagai elemen dan instansi yang menyalurkan bantuan melalui NU Care-LAZISNU Sumenep itu antara lain Fatayat NU, LAZISNU tingkat MWCNU, Geng Motor Shalawat (GMS), lembaga pendidikan serta pondok pesantren di Kabupaten Sumenep. Penyerahan donasi rencana masih akan berlangsung dari berbagai Badan Otonom (Banom) NU dan elemen lain. Hal ini terjadi berkat tingginya kepercayaan masyarakat Sumenep kepada lembaga NU Care-LAZISNU.


Madura Terbaru