• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 6 Oktober 2022

Madura

IPNU-IPPNU Sampang Fokus Pendidikan Kader dan Penguatan Organisasi

IPNU-IPPNU Sampang Fokus Pendidikan Kader dan Penguatan Organisasi
Prosesi pelantikan PC IPNU-IPPNU Sampang masa khidmat 2022-2024. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)
Prosesi pelantikan PC IPNU-IPPNU Sampang masa khidmat 2022-2024. (Foto: NOJ/ Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Sampang masa khidmah 2022-2024 resmi dilantik pada Ahad (27/3/2022). Pelantikan itu dipusatkan di Aula Pendopo Trunojoyo, Sampang.


Prosesi pelantikan PC IPNU Sampang dilakukan oleh Iqbal Hamdan Habibi, Wakil Ketua Bidang Kaderisasi Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jawa Timur. Sedang Sabili Arif selaku anggota Departemen Organisasi PW IPPNU Jawa Timur melantik PC IPPNU Sampang.

 
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sampang, KH Moh Itqon Bushiri merasa bangga untuk kepengurusan PC IPNU-IPPNU masa khidmat 2022-2024 yang terus berjuang demi mencapai yang diprogramkan ke depan.


"Saya juga berterima kasih kepada pengurus sebelumnya yang telah banyak membantu PCNU Sampang," ucap Kiai Itqon.


Dirinya mengatakan, dalam berorganisasi harus selalu bersikap jujur. Sebab, menikmati sebuah kejujuran akan membawa pada keutuhan organisasi. Mengingat, ketika hal demikian dilakukan, semua impian akan tercapai.


"Jangan khawatir, tetap jujur dan berjuang sesuai yang ada, serta yakin semua impian akan tercapai. Kami harap IPNU-IPPNU tetap istiqamah, sukses dan tetap mendukung apa yang diimpikan ke depan," ungkapnya.


Sementara Ketua PC IPNU Sampang, Abdur Rohman menyampaikan rasa syukur karena diberi kepercayaan menakhodai IPNU Sampang menuju masa keemasan. Ia menyebutkan, pelantikan ini mengusung tema ‘Akselarasi Pelajar NU untuk Mengatasi Kesenjangan Pendidikan dan Sosio-Kultural’.


"Alasan kami mengambil tema tersebut bertujuan agar arah gerakan dan perjuangan pelajar NU terarah dan jelas ke depannya," ujar Abdur Rohman.


Lebih lanjut, Abdur Rohman menjelaskan, bahwa dalam kepengurusannya ini ada dua hal utama yang hendak dicapai, meliputi soal pendidikan dan penguatan organisasi.


Ia menambahkan, terkait pendidikan, pihaknya mengaku akan benar-benar mengawal proses Pendidikan kader Pelajar NU di Sampang. Sebab, sebagai organisasi pelajar dituntut untuk itu, serta pelajar sebagai aset masa depan memang harus dirawat sejak dini. Makanya, pihaknya melakukan komunikasi dan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Sampang guna mewadahi keinginan pelajar untuk melanjutkan pendidikan.


"Kami akan MoU untuk jangka panjang, sehingga nantinya bisa dilanjutkan oleh pengurus di periode-periode selanjutnya," ucap Abdur Rohman.


Sedang soal kaderisasi titik tekannya pada aspek penguatan organisasi. Hal ini dilakukan untuk menambahkan kekurangan yang terjadi di kepengurusan sebelumnya. "Dengan demikian, rasa kepemilikan kader terhadap organisasi semakin tumbuh," tandasnya.


Madura Terbaru