• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Madura

Kiprah Poskestren Al-Ibrahimy Dipantau Dinas Kesehatan Bangkalan

Kiprah Poskestren Al-Ibrahimy Dipantau Dinas Kesehatan Bangkalan
Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan beserta Puskesmas Konang didampingi Pimpinan Muslimat NU melakukan kunjungan ke Poskestren Al-Ibrahimy, Senin (07/11/2022). (Foto: NOJ/Lutfi R)
Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan beserta Puskesmas Konang didampingi Pimpinan Muslimat NU melakukan kunjungan ke Poskestren Al-Ibrahimy, Senin (07/11/2022). (Foto: NOJ/Lutfi R)

Bangkalan, NU Online Jatim
Pos Kesehatan Pesantren atau Poskestren Pondok Pesantren Al-Ibrahimy, Sumurringin, Konang, Bangkalan telah berdiri sejak 2014. Khidmatnya selama ini memberikan layanan kesehatan tidak saja kepada santri, juga warga sekitar.


Karenanya, Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan beserta Puskesmas Konang didampingi Pimpinan Muslimat NU melakukan kunjungan ke poskestren tersebut Senin (07/11/2022). Hal itu demi memastikan layanan yang diberikan sesuai peruntukan dan memantau perkembangan dari dekat poskestren yang ada.


"Alhamdulillah Pesantren Al-Ibrahimy sejak 2014 silam telah aktif sebagai poskestren binaan Dinkes Bangkalan, hanya ada beberapa pesantren di Bangkalan yang memiliki layanan ini," kata Koordinator Poskestren Al-Ibrahimy, Ning Elvien Noer Laily.


Kunjungan kali ini adalah bertujuan melakukan monitoring, evaluasi dan pembinaan kader atau santri siaga di Pesantren Al-Ibrahimy. Karena beberapa santri telah dipilih yang tugasnya adalah sebagai duta kesehatan di pesantren setempat.


“Pada kegiatan ini turut hadir Kepala Puskesmas Konang dan beberapa pengurus Muslimat NU karena program binaan ini juga hasil kerja sama dinas kesehatan dan Muslimat NU Bangkalan,” terangnya.


Sedangkan Lutfi Qomari selaku Pokja Poskestren di Kecamatan Konang menjelaskan bahwa hingga kini sudah dilakukan kunjungan kepada lima Poskestren di Bangkalan. Tujuannya untuk melakukan monitoring dan evaluasi hingga pembinaan. Dan khusus Pesantren Al-Ibrahimy memang memiliki kelebihan.


“Pesantren Al-Ibrahimy ini punya banyak stok kader karena ada SMK yang konsen di bidang kesehatan," katanya.


Atas kujungan ini, pihak pesantren menyampaikan apresiasi karena banyak catatan perbaikan untuk layanan ke depan.


"Kami berterima kasih kepada Puskesmas Konang dan Dinkes serta Muslimat NU Bangkalan yang telah memberikan kepercayaan kepada pesantren dan SMK Kesehatan Al-Ibrahimy,” kata Ikhsan, Wakil Kepala SMK Al-Ibrahimy.


Madura Terbaru