• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Madura

Libur Ramadhan, Santri Annuqayah Bersih-bersih Pasar

Libur Ramadhan, Santri Annuqayah Bersih-bersih Pasar
Santri Annuqayah daerah Lubangsa melakukan bakti sosial dengan bersih-bersih pasar di Pasongsongan. (Foto: NOJ/Firdausi)
Santri Annuqayah daerah Lubangsa melakukan bakti sosial dengan bersih-bersih pasar di Pasongsongan. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Organisasi Daerah (Orda) Ikatan Santri Pantai Utara (Iksaputra) Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa, Guluk-Guluk, Kabupaten Sumenep, mengisi masa liburan Ramadhan dengan melakukan aksi sosial, yakni bersih-bersih limbah di Pasar Pasongsongan, Jumat (08/04/2022).​​​


Habiburrahman, Ketua Iksaputra mengatakan, kegiatan yang bertajuk Ramadhan Berkah Bersama Iksaputra itu merupakan langkah awal santri yang sedang berlibur. “Selain itu, kami mengedukasi dan mendengar berbagai keluhan seputar kesehatan di masyarakat saat melakukan bakti sosial,” ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim.


Di kesempatan yang sama, Taqiuddin selaku ketua panitia mengutarakan, program ini dihelat sebagai momentum Hari Kesehatan Internasional. Karena itu kampanye yang digaungkan pada kegiatan itu ialah mengedukasi masyarakat tentang urgennya kesehatan dan kebersihan.


"Inilah wujud kepedulian santri terhadap lingkungan dan masyarakat yang berindikasi pada kesehatan umat, khususnya di lingkungan di Pantai Utara," terangnya.


Bakti sosial ini mendapat apresiasi dari warga Pasongsongan. Salah satunya dari H Fauzi. Ia memuji dan merasa takjub melihat kekompakan santri Annuqayah yang saling bergotong-royong dan bahu-membahu membersihkan limbah di area pasar.


“Selain mengedukasi warga sekitar, khususnya pedagang, santri memberi jamu tradisional pada warga yang sedang menggulung dagangannya,” ungkapnya.


Menurutnya, kegiatan tersebut sangat bermanfaat. Karena santri mengajarkan pada masyarakat bahwa hidup bersih itu sangat menyehatkan. “Semoga kegiatan ini menjadi kegiatan yang diprioritaskan oleh santri-santri lainnya yang sedang berlibur," pungkasnya.


Madura Terbaru