• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 27 November 2022

Madura

LKKNU Sumenep Ngaji Modul Keluarga Maslahah Annahdliyah

LKKNU Sumenep Ngaji Modul Keluarga Maslahah Annahdliyah
Ngaji modul keluarga maslahah oleh LKKNU Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Ngaji modul keluarga maslahah oleh LKKNU Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-99 NU, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Sumenep, Madura, menggelar halaqah kelembagaan dan ngaji modul keluarga maslahah yang dipusatkan di Aula Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Ahad (20/02/2022).

 

Acara diikuti oleh perwakilan LKKNU Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang sudah dibentuk. Raudlatun, Ketua LKKNU Sumenep, mengutarakan, modul ini dibedah dan belum masuk pada tahap uji coba, kelak akan mempermudah dalam menciptakan keluarga masalahah Annahdliyah.

 

"Dalam modul ini membahas tentang pranikah, cara mempersiapkan keluarga maslahah (cara memilih jodoh dan makna pernikahan), bermaslahah karena Allah, bermaslahah dalam keluarga, hingga mencapai jalan menuju keluarga maslahah," ujarnya.

 

Bermaslahah karena Allah diawali dengan mistaqon ghalidha. Sedangkan bermaslahah karena keluarga, sebuah keluarga harus zawaj dan tahu kedudukannya sebagai suami-istri. Juga mua'syarah bil ma'ruf serta taradlin. Artinya, adanya kesalingan dalam kerelaan antar pasangan.

 

"Jalan munuju keluarga maslahah, keluarga harus bermuhasabah, tabayun dan musyawarah," ungkapnya.

 

Raudlatun menegaskan bahwa pihaknya akan fokus uji modul keluarga yang dikemas dengan madrasah keluarga.

 

"Selain menyambung silaturahim dan memperkuat kelembagaan antara pengurus PCNU dan MWCNU, modul ini kami bedah bersama-sama dengan menghadirkan narasumber, yakni Kiai Mahmudi. Mari kita wujudkan keluarga maslahah Annahdliyah yang penuh kebahagiaan," tandasnya.


Madura Terbaru