• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Tapal Kuda

LKKNU Pasuruan Fasilitasi Nahdliyin Sidang Keliling Isbat Nikah

LKKNU Pasuruan Fasilitasi Nahdliyin Sidang Keliling Isbat Nikah
Sidang Keliling Isbat Nikah oleh LKKNU Kabupaten Pasuruan bersama Pengadilan Agama dan Kemenag. (Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin)
Sidang Keliling Isbat Nikah oleh LKKNU Kabupaten Pasuruan bersama Pengadilan Agama dan Kemenag. (Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin)

Pasuruan, NU Online Jatim

Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) Kabupaten Pasuruan menggelar Sidang Keliling Isbat Nikah. Kegiatan yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Kementerian Agama (Kemenag) setempat ini dipusatkan di Aula Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Kamis (27/01/2022).

 

Ketua LKKNU Kabupaten Pasuruan Ustadz Nur Khotib menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu warga yang sudah menikah namun belum memiliki surat nikah.

 

"Sehingga pengurusan administrasi keluarga seperti Kartu Keluarga, Akta Kelahiran Anak, pengajuan bantuan serta layanan kesehatan, dan lain-lain dapat dilakukan," katanya kepada NU Online Jatim, Jum’at (28/01/2022).

 

Ia menegaskan, bahwa buku nikah bagi pasangan suami istri sangatlah penting. Sebab, kepemilikan buku nikah tidak hanya berkaitan dengan urusan pencatatan di Kantor Urusan Agama (KUA). 

 

"Andai ada masalah terkait Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), pembagian warisan, perceraian dan lain-lain bisa terselesaikan secara hukum. Sehingga tidak merugikan salah satu pihak," tutur pria asal Kecamatan Grati itu.

 

Ustadz Khotib menyebutkan, jumlah peserta yang mengikuti isbat nikah sebanyak 65 pasangan suami istri di Kecamatan Lumbang. Mulai dari pasangan muda usia 25  tahun hingga pasangan lansia.

 

"Pasangan yang mendaftar sangat antusias. Datang sejak pagi dan sudah membawa persyaratan administrasinya," pungkas Wakil Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Pasuruan itu.

 

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan KH Imron Mutamakkin, serta jajaran pengurus MWCNU dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama se-Kecamatan Lumbang.

 

Untuk diketahui, kegiatan tersebut merupakan bagian dari salah satu rangkaian Peringatan Hari Lahir (Harlah) NU ke-99 tahun 2022 PCNU Kabupaten Pasuruan.


Tapal Kuda Terbaru