• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 5 Juli 2022

Malang Raya

Abdimas Ulumuddin, Juara 1 MTQ Kapolda Cup JQHNU Jatim

Abdimas Ulumuddin, Juara 1 MTQ Kapolda Cup JQHNU Jatim
Abdimas Ulumuddin saat tampil. (Foto: NOJ/MJ)
Abdimas Ulumuddin saat tampil. (Foto: NOJ/MJ)

Malang, NU Online Jatim

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XIV Lanjutan Kapolda Jatim Cup Pimpinan Wilayah (PW) Jamiyyatul Qurra' Wal Huffazh  Nahdlatul Ulama (JQHNU) Jawa Timur selama Sabtu hingga Ahad (10-11/04/2021) berjalan sukses. Di akhir acara, tim NU Online Jatim berkesempatan berbincang dengan salah satu peraih juara 1 Qori Terbaik MTQ Remaja Putra kafilah dari Nganjuk yang menjadi juara umum.

 

Abdimas Ulumuddin, ditemui di lokasi Pondok Pesantren Salafiyah Al-Qur'an (PPSQ) Asy Syadzili Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang mengatakan dirinya perwakilan dari Kabupaten Nganjuk sebagai peserta tilawah kategori remaja. Ia tidak menyangka akan memperoleh predikat terbaik 1 mengingat kondisinya yang kurang maksimal.

 

"Sebenarnya kurang maksimal dengan kondisi saya. Dalam keadaan pilek dan batuk," kata Abdimas Ulumuddin, Ahad (11/04/2021).

 

Ditanya soal persiapan, Abdimas sapaan akrabnya mengungkapkan harus pontang-panting perjalanan Nganjuk-Malang. Karena saat ini masih menempuh kuliah dan mondok di kota pendidikan tersebut.

 

"Saya usahakan untuk berlatih ke guru saya. Bagaimanapun sanad saya dari sana, jadi apapun yang terjadi saya harus kesana," ungkap alumni Pondok Pesantren Tarbiyatul Qur'an Kabupaten Nganjuk.

 

Abdimas merasakan bahagia bercampur haru atas pencapaian ini. Apalagi tau kalau kafilah Kabupaten Nganjuk menjadi juara umum dalam event ini. Selama ini belum pernah memborong juara saat lomba MTQ Jatim, sehingga ini kali pertama.

 

"Mungkin ini dipersembahkan untuk Nganjuk, karena ditanggal 10 April 2021 kemarin berulang tahun. Ini kado dari kami qori qori'ah Nganjuk," ujar mahasiswa Universitas Negeri Malang Program Studi Pendidikan Bahasa Arab tersebut.

 

Abdimas mengingatkan kepada dirinya untuk tetap bersyukur, tidak menyombongkan diri. Serta mendoakan guru yang telah menjadi wasilah sampainya ilmu-ilmu kepada penuntut ilmu hingga tercapai sebagian kecil buah hasil diperoleh.

 

"Jangan lupakan sanad kita, tetap hargai para guru, apapun yang terjadi, dimanapun kita tetap kirim al-fatihah. Mendoakan guru-guru kita yang telah mengajarkan dari awal sampai hari ini," pesan santri aktif Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading, Malang tersebut.

 

Diketahui Abdimas Ulumuddin mendapat juara 1 Qori Terbaik kategori Remaja dengan perolehan 95,5 unggul dari Afif Izam Taufik dari Kabupaten Madiun terpaut tipis dengan nilai 95. Sementara terbaik III, Rizal Umami kafilah dari Kabupaten Pamekasan dengan total nilai 94.

 

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru