• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Malang Raya

Ajak Warga Peduli, LPBINU Malang Gelar Semiloka Siaga Bencana

Ajak Warga Peduli, LPBINU Malang Gelar Semiloka Siaga Bencana
Semiloka Kesiapsiagaan Bencana yang dinisiasi oleh LPBINU Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Semiloka Kesiapsiagaan Bencana yang dinisiasi oleh LPBINU Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Kabupaten Malang menggelar Semiloka Menyongsong Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2022. Kegiatan yang bertajuk 'Peran NU dalam APG Semeru dan Gempa Malang' digelar di Balai Desa Simojayan, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Ahad (17/04/2022).


Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto mengatakan, sinergi dalam upaya penanganan bencana merupakan hal yang penting dilakukan. Salah satu bentuknya ialah tercermin dari kegiatan semiloka yang merupakan sinergi antara PCNU dan Pemkab Malang.


“Kegiatan yang diinisiasi oleh PC LPBINU Kabupaten Malang hari ini merupakan wujud sinergi Pemkab dengan PCNU Malang dalam upaya memahamkan masyarakat terkait kebencanaan," katanya.


Pria yang berdomisili di Desa Tunjungtirto ini mengatakan, LPBINU yang notabene bersinggungan langsung dengan masyarakat, harus mampu menjadi sahabat bagi masyarakat sekitar.


Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Wilayah (PW) LPBINU Jawa Timur, Rurid Rudianto memaparkan, peran NU dalam penanganan bencana bukan hanya sekadar respons atas bencana, akan tetapi juga turut mengedukasi masyarakat terkait upaya mitigasi bencana tersebut.


"Setiap lembaga dan banom NU memiliki tugas dan fungsinya masing-masing, termasuk LPBINU di bidang kebencanaan. Oleh karenanya, LPBINU harus mampu mengajak masyarakat agar menguasai serta mengenali potensi bencana di wilayah masing-masing," tutur Rurid Rudianto.


Terpisah, Ketua PC LPBI NU Kabupaten Malang, Abdul Basyid mengajak seluruh pihak, khususnya lembaga dan banom NU lainnya, untuk bersinergi dengan LPBINU khususnya dalam penanggulangan bencana.

 
"Penanggulangan bencana tentunya sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Kendati demikian, kami tak bisa berjalan sendiri, karenanya kami harus bersinergi dengan seluruh lembaga dan banom NU. Kami juga berkomitmen untuk sinergi dengan Pemkab Malang dan juga BPBD setempat," ucap Basyid.


Sebagai informasi dalam kegiatan ini turut hadir pula Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan, Muspika Ampelgading, dan Korbid PCNU Kabupaten Malang. Selain itu, hadir pula sejumlah pengurus PCNU Kabupaten Malang beserta perwakilan lembaga dan banom NU setempat.


Malang Raya Terbaru