• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Malang Raya

Amankan Lebaran, Banser Malang Siagakan 270 Personil

Amankan Lebaran, Banser Malang Siagakan 270 Personil
Personil Satkorcab Banser Kabupaten Malang saat mengikuti apel pengamanan malam takbir di Pendopo Panji, Kantor Bupati Malang. (Foto: NOJ/M Miftachur Rizki)
Personil Satkorcab Banser Kabupaten Malang saat mengikuti apel pengamanan malam takbir di Pendopo Panji, Kantor Bupati Malang. (Foto: NOJ/M Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim
Satuan Koordinasi Cabang (Satkorcab) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kabupaten Malang turut andil dalam pengamanan malam takbir Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal ini terlihat dari kesiapan personil Banser dalam apel pengamanan malam takbir di Pendopo Panji, Kantor Bupati Malang, Ahad (01/05/2022).


Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat yang memimpin apel kesiapan pengamanan malam takbir ini mengajak seluruh personil untuk mengamankan malam Idul Fitri dengan maksimal.


"Karena ada euforia yang berbeda di masyarakat dalam menyambut datangnya Idul Fitri tahun ini, berbeda dengan dua tahun sebelumnya," kata AKBP Ferli Hidayat.


Ia juga mengingatkan agar personil yang ada terus mengimbau masyarakat tidak merayakan takbir keliling demi kebaikan bersama.


"Upayakan tidak ada takbir keliling. Imbau masyarakat kita untuk mengikuti instruksi pemerintah terkait surat edaran menteri agama. Takbiran hanya dilaksanakan di mushala dan masjid saja," tambah AKBP Ferli.


Sementara itu, Kepala Satkorcab atau Kasatkorcab Banser Kabupaten Malang, Faikhul Aziz, menuturkan jika pihaknya beberapa waktu lalu mendapatkan undangan untuk diperbantukan dalam pengamanan Lebaran 2022.


"Jadi, kemarin kita dapat undangan untuk diperbantukan dalam pengamanan. Selain itu, kita juga mempunyai kebijakan untuk secara mandiri melaksanakan patroli ke posko persaudaraan yang tersebar di seluruh rayon dan pimpinan anak cabang di Kabupaten Malang," tuturnya.


Ia juga menjelaskan jika seluruh personil yang disiagakan kurang lebih sejumlah 270 Banser di Kabupaten Malang.


"Personil kami yang siap di Kabupaten Malang (Pemkab Malang) sejumlah 10 personil. Sedangkan, di masing-masing kecamatan kami siapkan 5 hingga 10 personil," imbuhnya.


Aziz juga berharap seluruh personil Banser Kabupaten Malang dapat berkolaborasi dengan seluruh elemen keamanan yang ada.


"Harapannya sahabat-sahabat bisa memberikan pelayanan terbaik serta membatu pengaturan lalu lintas jika diperlukan saat situasi pengamanan Lebaran 2022," harapnya.


Sebagai informasi, pelaksanaan apel ini diikuti oleh personil Kodim 0818 Malang-Batu, Polres Malang, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Malang, Satpol PP Kabupaten Malang, Personil PMI Kabupaten Malang, Personil Pemuda Pancasila Kabupaten Malang, dan lain sebagainya.


Editor:

Malang Raya Terbaru