• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 7 Agustus 2022

Malang Raya

Forum Group Discussion, Pelajar NU Kota Batu Selaraskan Perjuangan

Forum Group Discussion, Pelajar NU Kota Batu Selaraskan Perjuangan
Forum Group Discussion Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU kota Batu bersama Pimpinan Ranting (PR) Sidomulyo (Foto: NOJ/Zaiyana NA)
Forum Group Discussion Pimpinan Cabang (PC) IPNU IPPNU kota Batu bersama Pimpinan Ranting (PR) Sidomulyo (Foto: NOJ/Zaiyana NA)

Batu, NU Online Jatim

Pimpinan Ranting (PR) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) gelar Forum Group Discussion (FGD) pada Ahad (07/11). Acara yang dirangkai dengan pembacaan maulid Ad-Dibai ini dipusatkan di aula TPQ Al-Muhtady 2 Desa Sidomulyo, Kecamatan Batu, Kota Batu.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU kota Batu, Adi Yusuf menuturkan pentingnya pengadaan kegiatan semacam ini.

 

"Acara hari ini sangat penting bagi kita semua, karena jarang sekali kita bisa bertemu untuk berdiskusi, berdialog, dan berinteraksi secara langsung," tutur Adi.

 

FGD menjadi kesempatan untuk bertukar pikiran sekaligus penyelarasan perjuangan di berbagai tingkatan pengurus IPNU IPPNU, khususnya tingkat ranting.

 

"Ranting menjadi gerbang utama kita untuk mengkader anggota-anggota baru di IPNU IPPNU. Jadi saya sangat mengapresiasi Ranting Sidomulyo yang membuka kesempatan FGD bersama Pimpinan Cabang," tambahnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Adi juga memaparkan program-program yang telah berjalan di Pimpinan Cabang untuk dijadikan model pengembangan IPNU IPPNU di tingkat ranting. Seperti pengelolaan organisasi, kaderisasi, minat bakat, juga informasi dan komunikasi.

 

"IPNU IPPNU Kota Batu ini unik, kita berjalan bersama-sama. Padahal kalau di tempat lain biasanya sendiri-sendiri. Di Pasuruan itu IPNU jalan sendiri, IPPNU juga jalan sendiri, tapi di Batu kita bisa bersinergi dan menjalankan program bersama-sama," terangnya.

 

Sementara itu ketua PC IPPNU Kota Batu, Bellgis Avrianzah mengingatkan pentingnya jenjang kaderisasi yang harus dilewati oleh setiap anggota. Mulai dari Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), Latihan Kader Muda (Lakmud), dan juga Latihan Kader Utama (Lakut).

 

"Saya lihat di ranting Sidomulyo ini banyak kader-kader baru. Nah, jangan lupa nanti kalau ada Makesta harus ikut," tambah Bellgis.

 

Ia juga mengharapkan pengurus dari tingkat ranting maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) bisa saling terbuka kepada pimpinan cabang.

 

"Rekan-rekanita tidak perlu sungkan ketika menghubungi kami. Karena komunikasi yang baik itu menentukan proses koordinasi dan konsolidasi pengurus IPNU IPPNU yang dilakukan," tandasnya.


Malang Raya Terbaru