• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Malang Raya

Irfan: IPNU Ajarkan Banyak Hal ke Saya

Irfan: IPNU Ajarkan Banyak Hal ke Saya
M Fakhrul Irfan Syah, Ketua PW IPNU Jawa Timur terpilih 2021-2024. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
M Fakhrul Irfan Syah, Ketua PW IPNU Jawa Timur terpilih 2021-2024. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

M Fakhrul Irfan Syah, Ketua Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Timur periode 2021-2024 terpilih, mengaku banyak hal yang dia peroleh selama berproses di organisasinya itu. Karena itu dia bertekad untuk memajukan IPNU Jatim ke depan.

 

Wajar Irfan merasa dibesarkan oleh IPNU. Karirnya di organisasi pelajarnya NU itu dilalui dari bawah. Pemuda kelahiran Bojonegoro, 16 Juni 1997, itu mulai aktif di IPNU ranting Cangaan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro, sejak tahun 2009. Kepemimpinannya terasah setelah memimpin PR IPNU Cangaan beberapa tahun kemudian.

 

“Kemudian setelah itu saya diamanahi menjadi Wakil Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kecamatan Kanor. Selanjutnya saya mengawali kiprah di PC IPNU Kabupaten Bojonegoro sebagai Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan di periode selanjutnya saya diamanahi menjadi Ketua PC IPNU Kabupaten Bojonegoro,” kata Irfan dihubungi NU Online Jatim, Rabu (29/09/2021).

 

Purna dari IPNU Bojonegoro, dia meneruskan karir organisasinya dengan menjadi pengurus Departemen Kaderisasi Pimpinan Wilayah IPNU Jatim. Irfan kemudian mencalonkan diri pada Konferwil XXIII di Bojonegoro beberapa hari lalu dan terpilih sebagai Ketua PW IPNU Jatim periode 2021-2024.

 

Selama di IPNU, Irfan tak pernah absen dari kegiatan kaderisasi. Itu dimulai dengan mengikuti Masa Kesetiaan Anggota atau Makesta di PR IPNU Cangaan pada tahun 2011, kemudian dilanjutkan dengan Latihan Kader Muda di PAC IPNU Kanor pada tahun 2013.

 

“Selanjutnya saya mengikuti Latihan Kader Utama di PC IPNU Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2015. Terakhir, saya mengikuti Latihan Instruktur di PW IPNU Jatim pada tahun 2017," jelas alumni Pondok Pesantren Al-Maffaz Sarangan, Bojonegoro, tersebut.

 

Karena itulah Irfan merasa IPNU mengajarkan banyak hal dalam perjalanan hidupnya.

 

“Diantaranya yakni mengajarkan kita agar berani dan bisa berbicara, menulis, serta berekspresi. Oleh karena itu, IPNU adalah organisasi pertama yang dapat menemukan jati diri saya," kenang Alumni S1 Sosial Politik UIN Sunan Ampel Surabaya tahun 2018 tersebut.

 

Itu sebabnya Irfan bertekad untuk mengabdi secara sungguh-sungguh di IPNU setelah terpilih sebagai Ketua PW IPNU Jatim. Dia berharap pengurus di seluruh tingkatan bisa kompak untuk memajukan IPNU Jatim ke depan.

 

"Kami berharap agar segenap PC IPNU di Jawa Timur secara keseluruhan untuk bersama-sama gotong royong memperbaiki serta melanjutkan perjuangan di IPNU Jawa Timur agar semakin baik ke depannya," pinta Irfan.


Malang Raya Terbaru