• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 8 Februari 2023

Malang Raya

Kala KH Moensif Nachrowi Baiat Puluhan Peserta Makesta di Malang

Kala KH Moensif Nachrowi Baiat Puluhan Peserta Makesta di Malang
KH Moensif Nachrowi saat membaiat puluhan peserta Makesta PAKPT IPNU-IPPNU KH Wahid Hasyim UIN Maliki Malang. (Foto: NOJ/ Dok. Panitia)
KH Moensif Nachrowi saat membaiat puluhan peserta Makesta PAKPT IPNU-IPPNU KH Wahid Hasyim UIN Maliki Malang. (Foto: NOJ/ Dok. Panitia)

Malang, NU Online Jatim
Sebanyak 49 peserta Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Malang dibaiat langsung oleh KH Moensif Nachrowi, Sekretaris Jenderal PP IPNU era KH Tholhah Mansoer, pendiri IPNU.


Agenda yang digelar oleh Pimpinan Anak Komisariat Perguruan Tinggi (PAKPT) IPNU-IPPNU KH Wahid Hasyim UIN Maulana Malik Ibrahim Malang itu dipusatkan di area Masjid At-Thohiriyah Bungkuk, Singosari, Kabupaten Malang, Ahad (13/11/2022).


Dalam kesempatan itu, putra KH Nachrowi Thohir tersebut secara gamblang menjelaskan terkait awal mula berdirinya IPNU di tahun 1954 dan IPPNU di tahun 1955. Selain itu, KH Moensif Nachrowi juga menjelaskan terkait awal mula dirinya mendapatkan amanah menjadi Sekretaris 1 PP IPNU yang menjalankan tugas dari Sekretaris Umum PP IPNU saat kepemimpinan KH Tholhah Mansoer.


Ketua PAKPT IPNU KH Wahid Hasyim UIN Maliki Malang, Muhammad Danias Salsabila menyampaikan, pihaknya sejak awal ingin kader PAKPT IPNU-IPPNU KH Wahid Hasyim secara langsung dibaiat oleh pelaku sejarah berdirinya IPNU.


"Tentu ini keinginan kami untuk dibaiat beliau. Karena, jika ulama sepuh dan dzuriyah NU yang membaiat anak-anak, maka akan lebih mengena sekaligus tabarukan dengan beliau," kata mahasiswa semester 5 Prodi Hukum Keluarga Islam itu.


Danias berharap, seluruh anggota PAKPT IPNU-IPPNU KH Wahid Hasyim yang baru dibaiat dapat mengamalkan tradisi NU secara menyeluruh dan menjalankan roda organisasi dengan baik.


"Kami harap rekan-rekanita dapat mewujudkan pelajar IPNU-IPPNU yang mawas, cerdas, dan berintegritas berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah," terang pelajar asal Sumberpucung, Kabupaten Malang itu.


Sementara itu, salah seorang peserta Makesta Muhammad Rizqi Kadir menyampaikan rasa bangga karena bisa dibaiat secara langsung oleh KH Moensif Nachrowi.


"Senang, Mas. Langsung kiai yang baiat, ada rasa khusuk juga tadi. Semoga ke depan dapat menjaga eksistensi yang ada dan mendobrak gerakan IPNU-IPPNU semakin progresif," kata mahasiswa semester 3 Prodi Hukum Keluarga Islam itu.


Sebagai informasi, Makesta PAKPT IPNU-IPPNU KH Wahid Hasyim ini dilaksanakan di SMK Terpadu Al-Ishlahiyah, Yayasan Pesantren Al-Ishlahiyah, Singosari, Kabupaten Malang, Sabtu-Ahad (12-13/11/2022).


Diketahui, di lokasi pembaiatan peserta Makesta ini disemayamkan beberapa tokoh pendahulu bangsa dan jamiyah Nahdlatul Ulama. Di antaranya, KH Hamimuddin eks Laskar Pangeran Diponegoro, KH Mohammad Thohir menantu KH Hamimuddin asal Bangil, KH Nachrowi Thohir salah satu muassis NU, KH Masjkur panglima Laskar Sabilillah yang juga tercatat sebagai Pahlawan Nasional, dan lain sebagainya.


Malang Raya Terbaru