• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Malang Raya

Konfercab XII Muslimat NU Kota Malang Usung Spirit Kemandirian

Konfercab XII Muslimat NU Kota Malang Usung Spirit Kemandirian
Kegiatan Konfercab XII Muslimat NU Kota Malang yang mengusung spirit kemandirian organisasi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Kegiatan Konfercab XII Muslimat NU Kota Malang yang mengusung spirit kemandirian organisasi. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Malang menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) ke XII. Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Aria Gajayana pada Ahad (27/02/2022) ini mengusung tema 'Kemandirian Muslimat NU untuk Kesejahteraan Umat'.


"Acara kita saat ini pendanaannya murni dilakukan secara pribadi oleh PC Muslimat NU Kota Malang," ujar Ketua PC Muslimat NU Kota Malang, Nyai Hj Mutammimah Hasyim.


Ia mengungkapkan, sebagai bentuk mengukur kemampuan Muslimat NU dalam kemandirian ini, pihaknya mengaku telah mempunyai aset batik Muslimat NU dan air minum dalam kemasan (AMDK) Q-jami yang sudah ada hak paten.


"Kader Muslimat NU Kota Malang saat ini jumlahnya 14.000 orang. Kita juga bekerja sama dengan PJTKI yang ada di Kota Malang untuk edukasi tentang keperempuanan, ngaji, dan lain-lain," katanya.


Dirinya pun mengapresiasi ibu-ibu Muslimat NU yang merupakan perempuan-perempuan tangguh, kuat, dan hebat. Karena ada yang berprofesi sebagai guru, PNS, dokter, dosen, ibu rumah tangga dan lain sebagainya.


"Di tengah kesibukan itu, ia masih menyempatkan diri untuk berkontribusi dan mengabdi di daerahnya masing-masing. Selama masih hidup, marilah kita terus berkontribusi untuk memberikan kemanfaatan untuk orang lain," ungkapnya.


Untuk mendukung upaya kemandirian itu, pihaknya mengaku melakukan sejumlah kerja sama dengan berbagai pihak. Di antaranya dengan Fakultas Teknik UM untuk tenaga kerja mandiri dengan total Rp99 juta.


“Dana tersebut digunakan untuk pelatihan tata boga guna membekali kemandirian kader Muslimat NU. Pada tahun 2019, kami juga melakukan MoU untuk pelatihan tata busana yang dikhususkan untuk ibu-ibu yang memulai UMKM,” terangnya.

 

Ia menyebutkan, Muslimat NU Kota Malang kini memiliki 170 Pos Binaan Terpadu (Posbindu) di seluruh Pimpinan Ranting (PR). Selain itu, Muslimat NU Kota Malang kini memiliki 65 lembaga Pendidikan dengan jumlah murid 3.944 dan jumlah guru 775.


Istri Almaghfurlah KH Hasyim Muzadi ini mengaku, periode ini adalah periode yang sangat panjang dengan waktu bertahun-tahun, karena adanya pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat sejumlah agenda mengalami perubahan yang signifikan di banyak sektor.

 

"Salah satunya tugas seorang ibu yang turut serta mengatur ekonomi keluarga agar mampu tetap bergerak, dan maslahat untuk orang lain," jelasnya.


Sementara Ketua Panitia Nyai Hj Latifah Shohib mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak atas partisipasinya. Di antaranya Wali Kota Malang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang, PCNU Kota Malang dan lain sebagainya.

 

Ia menambahkan, karena sedang masa pandemic Konfercab ini dilakukan secara terbatas, sehingga tidak memungkinkan untuk menampung seluruh kader di Kota Malang. Menurutnya, Konfercab Muslimat NU Kota Malang hanya diwakili oleh 1 orang dari masing-masing Pimpinan Ranting.
 


"Ditambah 2 orang dari masing-masing Pimpinan Anak Cabang (PAC), dengan jumlah total peserta keseluruhan sebanyak 178 orang," pungkasnya.


Malang Raya Terbaru