• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Malang Raya

Dilantik, Berikut Gagasan Ketua PCNU Kabupaten Malang

Dilantik, Berikut Gagasan Ketua PCNU Kabupaten Malang
Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang masa khidmat 2021-2026 telah usai dilantik. Prosesi pelantikan dilaksanakan di Pendopo Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (16/02/2022).

 

Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili menyampaikan, bahwa selain pelantikan, pihaknya juga memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-99 NU dengan mengusung tema 'Merawat Jagat, Membangun Peradaban'.

 

“Oleh karenanya, kami di PCNU Kabupaten Malang ingin mewujudkan tema tersebut dengan 'Menata Jamiyah, Menggerakkan Jamaah Menuju Satu Abad NU," kata Gus Hamim, sapaan akrabnya.

 

Pihaknya pun menjelaskan beberapa program prioritas yang akan digarap pada periodenya nanti. Di antaranya ialah menggerakkan roda perekonomian di Kabupaten Malang, serta sinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang.

 

“Kami berharap sinergi ini bisa berjalan maksimal. Karena ini menjadi salah satu indikator pelantikan kita dipusatkan di Pendopo Kabupaten Malang," imbuhnya.

 

Gus Hamim menyampaikan, bahwa insyaallah pegawai Pemkab yang berafiliasi dengan NU diupayakan secepatnya mengikuti Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU).

 

“Dan, pengurus PCNU dan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) yang belum mengikuti Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU), akan segera kami ikutkan MKNU," tambahnya.

 

Disebutkan Gus Hamim, bahwa saat ini pekerjaan besar PCNU Kabupaten Malang adalah menjamiyahkan jamaah. "Hal itu karena secara kultur NU memang sangat besar, namun kesadaran secara struktur masih perlu dimaksimalkan lagi," jelasnya.

 

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur yang telah melantik. Gus Hamim juga turut mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Malang yang telah terbuka menyikapi kerja sama NU dengan lembaga pemerintahan dan memberikan fasilitas yang dibutuhkan bagi Nahdliyin.

 

"Tentunya, kerja sama atau MoU tersebut akan membuat kinerja yang dijalankan semakin mengikat. Karena ada komitmen untuk simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan," tandasnya.

  

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini PCNU Kabupaten Malang melakukan MoU dengan 14 elemen. Di antaranya, Universitas Islam Malang (Unisma), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Negeri Malang (UM), dan lain sebagainya.


Malang Raya Terbaru