• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 26 November 2022

Malang Raya

LPTNU Malang Masifkan Langkah Penjaminan Mutu Pendidikan

LPTNU Malang Masifkan Langkah Penjaminan Mutu Pendidikan
Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal oleh PC LPTNU Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)
Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal oleh PC LPTNU Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim 
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Kabupaten Malang menggelar pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Kegiatan yang menyasar Perguruan Tinggi Swasta itu dipusatkan di Universitas Islam Malang, Jum'at-Ahad (02-04/09/2022).


Ketua PCNU Kabupaten Malang, KH Hamim Kholili menyampaikan, perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Malang tidak begitu besar.


"Kita tidak melihat besar atau kecilnya. Walupun kecil tapi mutunya baik lebih bagus. Oleh karenanya, kami mengapresiasi LPTNU yang berupaya untuk meningkatkan mutu dengan pelatihan SPMI," tuturnya.


Ia berharap, perguruan tinggi yang ada, kedepan dapat diandalkan secara kualitas, baik secara nasional bahkan Internasional.


"Di Kabupaten Malang ini perguruan tinggi yang ada menurut saya sudah baik. Maka dari itu, yang ada ini perlu dirawat dengan baik. Karena jika kuantitasnya banyak, maka dikhawatirkan mutunya tidak terjamin dengan baik," tambahnya.


Sementara Rektor Unisma Malang sekaligus Ketua Umum Forum Rektor Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) se-Indonesia, H Maskuri menyampaikan bahwa pihaknya merasa bersyukur karena LPTNU Kabupaten Malang cepat dan sigap dalam menyelenggarakan pelatihan SPMI bagi Perguruan Tinggi Swasta.


"Alhamdulillah, meskipun belum satu tahun dilantik, di era Kiai Hamim (Ketua PCNU Kabupaten Malang) ini langsung mengadakan pelatihan SPMI. Tentunya ini sangat kami apresiasi. Semoga nantinya LPTNU Kabupaten Malang dapat menjadi berkah untuk pendidikan di Malang Raya," katanya.


Terpisah, Ketua PC LPTNU Kabupaten Malang, H Agus Salim mengatakan, LPTNU Kabupaten Malang saat ini sudah mempunyai 8 perguruan tinggi. Namun, dua perguruan tinggi yang ada masih dalam rintisan, yaitu An Nur dan Al Rifaie.


"Kami memiliki beberapa perguruan tinggi di antaranya, Universitas Islam Raden Rahmat (Unira), Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam, Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Karangploso, Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Ibnu Sina, Ma’had Aly Al-Zamakhsyari Pondok Pesantren Ar-Rifaie, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Al-Rifaie, IAI Sunan Kalijogo, dan An - Nur," ucapnya.


Dirinya menjelaskan, kegiatan ini sejatinya hanya diadakan untuk perguruan tinggi dalam naungan LPTNU Kabupaten Malang. Namun akhirnya bisa diikuti dari perguruan tinggi di luar Kabupaten Malang.


"Dari Malang diikuti 6 perguruan tinggi, karena antusiasme yang luar biasa ada sekitar 4 perguruan tinggi dari luar Malang yang mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.


Pihaknya berharap, pasca pelatihan SPMI seluruh elemen dalam LPTNU Kabupaten Malang langsung bergerak di perguruan tinggi masing-masing untuk berlomba-lomba memperbaiki sistem yang ada.


“Sehingga nantinya bisa terakreditasi baik, bahkan sangat baik seperti Unisma," tutupnya.


Malang Raya Terbaru