• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Madura

Tekad LPTNU Sumenep Majukan Kampus di Lingkungan NU

Tekad LPTNU Sumenep Majukan Kampus di Lingkungan NU
Ahmad Shiddiq, Ketua LPTNU Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Ahmad Shiddiq, Ketua LPTNU Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Ahmad Shiddiq, Ketua Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Sumenep, bertekad akan merealisasikan tujuan dari berdirinya lembaga tersebut, yakni mengkonsolidasikan dan memajukan seluruh perguruan tinggi di Kabupaten Sumenep, Madura, yang berhaluan Ahlussunnah wal Jamaah Annahdliyah.

 

Hal itu disampaikan Shiddiq, saat menyampaikan sambutan di  Seminar Nasional Historiografi Khittah dan Politik NU dan Launching Beasiswa NU Care-Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Sumenep di Graha Kemahasiswaan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sumenep, Ahad (06/02/2022).

 

Alumnus UIN Sunan Ampel Surabaya itu menjelaskan, LPTNU Sumenep dibentuk pada tahun 2020, berbarengan dengan Hari Ulang Tahun Madrasah Moderasi yang merupakan program unggulan lembaga tersebut. “Usai dilantik, kami diamanatkan untuk memberikan kontribusi pada Nahdliyin dan perguruan tinggi,” kata Shiddiq.

 

“Selain itu, kami diminta untuk memikirkan, mengkonsolidasi dan memajukan seluruh perguruan tinggi yang berhaluan Islam Ahlussunnah wal Jamaah. Karena pada saat itu, ada beberapa perguruan tinggi yang masih berjalan sendiri-sendiri,” imbuh alumnus Nasyatul Muta’allimin Gapura itu.

 

Dengan adanya LPTNU, lanjut Shiddiq, pihaknya telah membentuk Forum Pimpinan Perguruan Tinggi (FPPT) yang saat ini diketuai oleh KH Muhammad Husnan, Rektor Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk. “Bagi kami adalah prestasi, karena bisa merajut kebersamaan, minimal saling bahu membahu meningkatkan Sumber Daya Manusia,” tandasnya.

 

Dosen STKIP PGRI Sumenep itu lantas melaporkan program LPTNU SUmenep yang terlaksana di tahun pertama. Yaitu, konsolidasi dan silaturrahim antarpimpinan perguruan tinggi sebagai upaya strategis untuk mewujudkan kampus yang berkualitas. Selain itu, pihaknya juga mengadakan diklat penulisan dosen, meluncurkan Madrasah Moderasi dan membentuk FPPT.

 

“Forum perguruan tinggi bergulir selama 3 bulan. Masing-masing PT sudah siap ber-NU secara lahir dan batin. Ke depan akan banyak program-program yang kami lakukan,” tutur Shiddiq.


Madura Terbaru