• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Malang Raya

Masifkan Gerakan, Banser di Malang Gelar Diklatsar

Masifkan Gerakan, Banser di Malang Gelar Diklatsar
Diklatsar yang dilaksanakan Satkoryon Banser PAC GP Ansor Blimbing, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki).
Diklatsar yang dilaksanakan Satkoryon Banser PAC GP Ansor Blimbing, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim 

Satuan Koordinasi Rayon (Satkoryon) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Blimbing, Kota Malang menggelar Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar). Kegiatan ini digelar guna memasifkan gerakan Banser di wilayah perkotaan.


Kegiatan yang bertajuk 'membentak kader militan NU berjiwa nasionalis, bermental patriotik guna meneguhkan aqidah ahlusunnah wal jamaah an nahdliyah di semua lapisan masyarakat' ini dipusatkan di MI Nurul Ulum, Arjosari, Blimbing, Kota Malang mulai Jumat (01/07/2022) hingga Ahad (03/07/2022).


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Blimbing, Achmad Romdlon menyampaikan, pihaknya menginginkan Diklatsar yang terselenggara ini mampu menciptakan kader NU yang militan untuk berkiprah di masa mendatang.


"Alhamdulillah, kontribusi Ansor Banser dalam seluruh kegiatan NU Blimbing selalu terlibat aktif. Meskipun kali ini sudah terselenggara Diklatsar, namun kami berharap kegiatan Diklatsar nantinya bisa digelar rutin satu tahun sekali," tutur Achmad Romdlon kepada NU Online Jatim.


Sementara itu, Ketua PAC GP Ansor Blimbing, Alfiyan mengatakan, Diklatsar Satkoryon Banser Blimbing ini bertujuan untuk menjawab tantangan di masa mendatang.


"Tentunya kami berharap seusai Diklatsar nanti akan lahir kader baru yang mempunyai semangat baru untuk berjuang," kata Alfiyan.


Ia menjelaskan, dalam perjalanan Ansor Banser Blimbing selama ini terdapat beberapa kendala, di antaranya yakni iklim perkotaan.


"Karena iklim perkotaan yang notabene berbeda dengan iklim pedesaan, maka saat ini kita hanya bisa mendapatkan 20 peserta Diklatsar," imbuhnya.


Alfiyan juga berharap 20 peserta yang ada dapat menjadi kader yang militan serta dapat mengajak pemuda-pemuda NU yang lain untuk turut berkhidmat dalam Ansor dan Banser.


"Ke depan dalam rangka optimalisasi gerakan kami akan berupaya mengadakan Diklatsar dan PKD. Satu sampai tiga kali dalam satu periode. Meskipun, saat ini baru terlaksana satu kali," harapnya.


Dalam kegiatan Diklatsar ini turut hadir di antaranya yakni Pengasuh Pesantren Ilmu Quran (PIQ) Singosari, KH Anas Bashori Alwi, Kasatkorcab Banser Kota Malang, Chilmi Wildan, Kasatkoryon Banser Blimbing, Wiranto, dan lainnya.


Editor:

Malang Raya Terbaru