• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Malang Raya

Masjid Al-Akbar Singosari Malang Resmi Jadi Masjid NU

Masjid Al-Akbar Singosari Malang Resmi Jadi Masjid NU
KH Marzuki Mustamar saat meresmikan Masjid Jami’ Al-Akbar Song-Song, Ardimulyo, Singosari, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).
KH Marzuki Mustamar saat meresmikan Masjid Jami’ Al-Akbar Song-Song, Ardimulyo, Singosari, Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki).

Malang, NU Online Jatim

Masjid Jami’ Al-Akbar Song-Song, Ardimulyo, Singosari, Kabupaten Malang kini resmi menjadi masjid milik Nahdlatul Ulama (NU). Peresmian dilakukan langsung oleh Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, Senin (16/08/2021) malam.

 

“Alhamdulillah, masjid ini sudah diresmikan oleh Kiai Marzuki menjadi masjid milik NU. Keinginan ini telah lama kami rasakan, agar masjid ini ke depan terus berjalan selaras dengan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” kata Ketua Takmir Masjid Al-Akbar, M Arifin Chasbullah.

 

Ustadz Arif, sapaan akrabnya mengatakan, bahwa peresmian ini merupakan langkah awal dalam membentengi masjid dari kelompok tertentu yang menyimpang dari ajaran Aswaja. Apalagi kondisi terkini di masyarakat banyak yang tidak sepaham dengan ulama atau kiai NU, dan beralih ke paham lain.

 

“Walaupun di sini belum terjadi, tetapi dengan peresmian ini paling tidak dapat menangkal paham tersebut agar tidak masuk ke masjid ini,” tegasnya.

 

Dirinya berharap, setelah dilakukan peresmian tersebut nantinya kegiatan ke-NU-an semakin marak. “Kami juga berharap jamaah yang ada dapat bergabung dan berkontribusi dalam organisasi NU di daerah setempat," harapnya.

 

Sementara Wakil Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Singosari, KH Ahmad Nur Junaidi mengatakan, setelah dilakukannya peresmian tersebut masjid Al-Akbar semakin kuat dalam menjaga tradisi NU.

 

“Ke depan, kami berharap masjid ini bisa bermanfaat bagi seluruh umat dengan tetap menjaga tradisi dan amaliyah-amaliyah NU,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru